9 Tips Hemat Uang Agar Pengeluaran Tidak Banyak

Siti Nur Aeni
20 Juni 2022, 17:39
tips hemat
pexels.com
Ilustrasi mencatat keuangan rumah tangga

Berhemat menjadi sebuah hal yang penting dilakukan terlebih saat sudah berkeluarga. Pasalnya, saat membangun rumah tangga, banyak kebutuhan tak terduga yang biasanya muncul. Maka dari itu, setiap dari kita harus mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas seputar tips hemat agar keuangan rumah tangga stabil. Apa saja tipsnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tips Hemat Uang dalam Rumah Tangga

Setiap orang mungkin mempunyai cara masing-masing untuk menghemat uang yang dimiliki. Mulai dari menghemat uang makan hingga mengurangi lifestyle.

Walaupun demikian, tak menutup kemungkinan ada beberapa orang di antara kita yang tidak tahu caranya berhemat. Jika Anda termasuk dalam kelompok tersebut, beberapa tips hemat uang berikut ini mungkin bisa menjadi referensi.

1. Mencatat Penghasilan dan Pengeluaran

Hal pertama yang penting untuk dilakukan saat hendak memulai hidup hemat yaitu mencatat penghasilan dan pengeluaran bulanan. Langkah ini diperlukan untuk mengetahui kondisi keuangan keluarga sehat atau tidak.

Dengan mencatat pengeluaran, Anda juga bisa mengetahui alokasi dana selama ini banyak digunakan untuk apa saja. Pencatatan keuangan ini mempermudah Anda untuk melakukan evaluasi dalam mengatur keuangan rumah tangga.

2. Prioritaskan Kebutuhan

Tips hemat uang gaji bulanan selanjutnya yaitu pastikan memprioritaskan kebutuhan di atas keinginan. Langkah ini memerlukan komitmen dari sendiri dan anggota keluarga lainnya. Dengan memprioritaskan kebutuhan, harapannya pengeluaran rumah tangga bisa ditekan dan Anda bisa lebih banyak menyisihkan uang untuk menabung atau investasi.

3. Membuat Alokasi Dana

Selain mencatat pengeluaran dan penghasilan, Anda juga perlu membuat alokasi dana. Langkah ini bisa dilakukan karena Anda telah mengetahui prioritas kebutuhan. Dari daftar kebutuhan sehari-hari itu, Anda bisa membuat anggaran untuk setiap kebutuhan tersebut.

Tentu saja alokasi dana setiap kebutuhan berbeda-beda. Dana biaya pendidikan anak tentu akan berbeda dengan dana untuk membayar tagihan rumah tangga seperti listrik dan air.

4. Menabung dan Investasi

Cara hemat lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menabung dan investasi. Tujuan dari menabung ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan di waktu yang akan datang serta untuk menyiapkan dana saat ada kejadian tak terduga.

Sementara itu, investasi diperlukan untuk mempertahankan nilai sebuah aset dari ancaman inflasi. Tak hanya itu, investasi dilakukan untuk mempercepat mencapai tujuan keuangan jangka pendek, menengah, atau panjang.

5. Membuat Rekening Tabungan Terpisah

Memisahkan rekening tabungan antara rekening untuk uang belanja dengan tabungan menjadi salah satu tips hemat uang dalam rumah tangga. Pemisahan rekening ini bertujuan agar Anda lebih fokus dalam mengatur keuangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...