15 Gejala Penyakit Jantung Ini Harus Diwaspadai

Tifani
Oleh Tifani
25 November 2022, 15:17
gejala penyakit jantung
123RF.com/Belchonok
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut penyakit jantung sebagai pembunuh nomor satu di dunia.

Penyakit jantung sampai saat ini masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Dalam data yang dikeluarkan oleh (Badan Kesehatan Dunia) WHO pada tahun 2021, kematian akibat penyakit jantung mencapai angka 17,8 juta kematian atau satu dari tiga kematian di dunia setiap tahun disebabkan oleh penyakit jantung.

Gejala Penyakit Jantung

Penyakit jantung bukanlah penyakit tunggal, melainkan mengacu pada sejumlah kondisi di mana terjadi masalah pada pembuluh darah yang mengalirkan pasokan darah atau jantung sendiri yang tak bisa berfungsi secara normal. Dikutip dari laman Hellosehat.com, jantung bermasalah selalu berkaitan dengan pembuluh darah dimana dada terasa nyeri disebabkan aliran darah ke jantung terhambat. Bila aliran terhenti sama sekali, bisa terjadi serangan jantung yang dapat berakibat fatal.

Maka dari itu, penting untuk mengenali tanda awal gejala penyakit jantung agar dapat dideteksi sejak dini dan segera diobati. Berikut ciri-cirinya:

1. Nyeri di dada

Awal mula sakit jantung erat kaitannya dengan rasa nyeri di dada. Akan tetapi, banyak yang tak sadar kalau ini termasuk keadaan darurat medis. Secara umum, nyeri sebagai tanda awal sakit jantung membuat dada terasa berat, sesak, serta tertekan. Kondisi itu dianalogikan seperti ada gajah yang duduk di atas bagian tubuh itu. Segera hubungi nomor darurat medis apabila mengalami nyeri dadai yang menimbulkan ketidaknyamanan.

2. Mual disertai rasa sakit

Tidak semua mual menunjukkan gejala awal sakit jantung. Namun, bila mual itu diikuti oleh rasa sakit maka saat itulah perlu mengambil tindakan serius. Apalagi jika seseorang sedang dalam kondisi duduk atau tak melakukan apapun.

3. Berkeringat tanpa alasan

Ketika mengalami penyakit jantung, seseorang dapat mengalami keringat dingin atau keringat berlebih secara tiba-tiba. Ciri penyakit jantung ini bisa muncul bahkan saat sedang tidak melakukan aktivitas atau sedang berada di dalam ruangan yang sejuk.

Segera ke dokter untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan memastikan apakah gejala yang dialami merupakan ciri penyakit jantung atau bukan.
Setelah diagnosis penyakit jantung dipastikan oleh dokter, maka seseorang akan mendapatkan penanganan yang tepat agar terhindar dari komplikasi penyakit jantung berbahaya.

4. Terasa sesak atau seperti tersedak

Sensasi sesak seperti tersedak di kerongkongan juga perlu diwaspadai. Terutama jika mengalami beberapa gejala dalam satu waktu, seperti rasa sesak di kerongkongan dan nyeri di dada.

5. Kelelahan ekstrem

Merasa lelah setiap saat juga merupakan gelagat awal gagal jantung dan angina. Jika sudah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan tetap merasa begitu lelah, sebaiknya pergilah ke dokter. Karena itu bisa menjadi salah satu indikasi awal sakit jantung.

6. Detak jantung tak beraturan

Detak jantung melonjak tak beraturan adalah hal normal bila sesorang dalam kondisi tertentu. Hal yang perlu disoroti adalah ketika jantung berdetak sangat cepat dan melompat-lompat tak menentu. Apalagi jika sampai mengganggu kesadaran.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...