Tes Massal Segera Dilakukan, Pasien Corona Berpeluang Dirawat di Rumah

Dimas Jarot Bayu
19 Maret 2020, 18:18
tes massal corona, virus corona, pasien corona
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.
Petugas menyemprotkan disinfektan di TK Muwahhidin, Depok, Jawa Barat, Kamis (19/3/2020). Dengan adanya tes massal, ada kans pasien positif corona dirawat di rumah masing-masing.

Pemerintah segera melakukan pemeriksaan virus corona Covid-19 secara massal dalam waktu dekat. Dengan tes tersebut, ada peluang tak semua pasien corona bakal dirawat di rumah sakit.

Juru bicara nasional penanganan corona Achmad Yurianto memperkirakan dengan tes tersebut, nantinya hanya pasien corona dengan kondisi sakit sedang hingga berat yang mendapatkan pelayanan rumah sakit.

Advertisement

“Kalau ringan tentu akan dilakukan self isolation yang bisa dilaksanakan sendiri di rumah,” kata Yurianto di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (19/3).

(Baca: Anies Baswedan Siapkan Tenaga Medis untuk Tes Corona Massal di Jakarta)

Dengan metode ini, pasien akan diambil sampel darahnya untuk uji imunoglobulin. Yurianto juga yakin tes tersebut akan mengungkap kasus positif corona dalam jumlah besar. “Beberapa negara sudah lakukan dan kami (tiru) juga,” ujar Yurianto.

Penderita corona yang mengisolasi diri di rumah juga tetap dipantau oleh puskesmas setempat. Mereka juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi kesehatannya lewat aplikasi Halodoc. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement