Gandeng Swasta, Pemerintah AS Uji Coba Vaksin Virus Corona

Ameidyo Daud Nasution
17 Maret 2020, 12:20
virus corona, vaksin corona, amerika serikat
123RF.com/Lightfieldstudios
Ilustrasi obat. Pemerintah Amerika Serikat menggelar uji coba vaksin virus corona Covid-19 pada hari Senin (16/3) kemarin.

Pemerintah Amerika Serikat menggelar uji coba vaksin virus corona Covid-19 pada hari Senin (16/3) kemarin. Uji coba dilakukan badan milik Departemen Kesehatan AS yakni The National Institute of Health (NIH) di fasilitas riset Kaiser Permanente, Seattle.

Vaksin ini diberi nama mRNA-1273 dan dikembangkan oleh ilmuwan NIH yang bekerja sama dengan berusahaan bioteknologi yakni Moderna, Inc. Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui dosis yang tepat bagi pengobatan virus corona.

“Fase pertama penelitian adalah langkah penting menuju capaian (vaksin corona) itu, " kata ilmuwan NIH yang juga Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases Anthony Fauci dilansir dari CNBC, Selasa (17/).

(Baca: Presiden Prancis Berlakukan Lockdown untuk Tekan Penyebaran Corona)

Vaksin ini sebelumnya sudah dicoba pada hewan, namun belum pernah dilakukan pada manusia. Dilansir dari BBC, seorang wanita berumur 43 tahun bernama Jennifer Haller menjadi sukarelawan  uji coba ini. “Ini kesempatan luar biasa bagi saya untuk berbuat sesuatu,” kata Haller.

Meski demikian, mRNA-1273 bukanlah vaksin yang dibuat dari virus corona melainkan replikasi dari kode genetic virus tersebut yang dibuat di laboratorium. Sukarelawan akan dipantau selama setahun untuk mengetahui efek perobaan vaksin tersebut.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...