Jokowi Minta Prabowo Ubah Belanja Alutsista jadi Investasi Pertahanan

Dimas Jarot Bayu
23 Januari 2020, 12:36
Jokowi Minta Pola Belanja Alutsista Diubah Jadi Investasi Pertahanan.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Seorang peserta memasuki kendaraan taktis (rantis) yang dipamerkan pada Pameran Alutsista di Kementerian Pertahanan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pola pandang belanja bidang pertahanan diubah menjadi sebuah investasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pola pandang belanja bidang pertahanan diubah menjadi sebuah investasi. Tujuannya agar belanja alat utama sistem persenjataan (alutsista) tidak hanya bermanfaat untuk jangka pendek. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat bertandang ke kantor Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Menurut Jokowi, belanja alutsista juga harus bisa berguna untuk di masa mendatang. Terlebih, dengan perkembangan teknologi militer saat ini yang semakin pesat.

“Apakah pembelian ini berguna untuk 20, 30, 50 tahun yang akan datang? harus dihitung dan dikalkulasi semua secara detail,” kata Jokowi di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (23/1).

(Baca: Prabowo Kunjungi Tiongkok, Ini Lima Alutsista Andalan Negeri Panda)

Jokowi menjelaskan, sistem persenjataan di dunia saat ini sudah dilengkapi dengan otomatisasi dan sudah mengarah kepada penggunaan kecerdasan buatan dan Internet of Things (IoT).

Sistem persenjataan pun sudah dilengkapi teknologi sensor dan perangkat 5G. Belum lagi kehadiran drone yang dilengkapi persenjataan dan kendaraan tanpa awak.

“Semuanya akan ke sana. Sehingga semua itu membutuhkan kebijakan pengembangan alutsista yang tepat,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...