JK: Pergantian Mensos Diputuskan Setelah Khofifah Sah Jadi Cagub

Ameidyo Daud Nasution
9 Januari 2018, 15:51
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan belum memikirkan pengganti Khofifah Indar Parawansa sebagai Menteri Sosial (Mensos). Calon Mensos baru akan diputuskan setelah Khofifah maju sebagai calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur.

Hal ini lantaran Khofifah belum pasti ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sebagai bakal calon Gubernur Jatim. "Berhenti saja belum," kata Kalla dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (9/1). 

Advertisement

(Baca: Jokowi Tunggu Pengunduran Diri Khofifah Sebelum Putuskan Reshuffle)

Kalla juga memberitahu bahwa Khofifah sejak kemarin telah menyampaikan niatnya maju di Pilkada Jatim. Termasuk kemungkinan dirinya mundur dari posisinya sebagai Mensos apabila telah ditetapkan. Rencananya, Khofifah akan mendaftar ikut Pilkada Jatim besok pagi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Wakil Presiden juga menyatakan telah memberi wejangan kepada Khofifah. Namun Kalla masih enggan membeberkan apa nasihat yang diberikan. Mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut beranggapan Khofifah merupakan calon yang baik. "Dia yang lebih tahu (Jatim), karena memang orang Jatim." ujar Kalla.

Usai bertemu Kalla, Khofifah menyatakan telah mengirimkan surat pemberitahuan dirinya mengikuti Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Surat ini juga berisi pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla apabila telah ditetapkan sebagai calon Gubernur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement