Kasus di Jatim Terus Meningkat, Khofifah Bentuk Tim Pemburu OTG Corona

Ameidyo Daud Nasution
7 Juni 2020, 10:33
khofifah, jawa timur, virus corona
ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/4/2020). Khofifah (6/6) membentuk tim khusus untuk memburu OTG virus corona

Bertambahnya kasus positif virus corona Covid-19 direspons oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dia membentuk tim khusus untuk memutus rantai penularan penyakit tersebut.

Khofifah menjelaskan sasaran Tim Hunter COVID-19 ini adalah orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pemantauan (ODP). Apalagi menurutnya potensi kemungkinan positif corona dari OTG bisa mencapai 35%.

“Kalau sudah terkonfirmasi, solusinya bisa diobservasi atau diisolasi di rumah sakit,” kata Khofifah dilansir dari Antara, Minggu (7/6).

(Baca: Rekor Tambahan Kasus Covid-19, Daerah-daerah Ini Disorot Gugus Tugas)

Mantan Menteri Sosial itu juga meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan khususnya terhadap OTG yang terus meningkat. Dari data Gugus Tugas percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, angka OTG meningkat dari 18.647 orang pada 1 Juni menjadi 19.857 orang empat hari kemudian.

“Perhatian kami pada OTG yang meningkat. Mereka tidak memiliki gejala namun berpotensi menularkan,” ujar Khofifah.

Provinsi Jatim sendiri merupakan salah satu wilayah yang beberapa waktu belakangan paling parah dihantam corona. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, penambahan kasus corona di wilayah ini mencapai 286 orang atau terbanyak di Indonesia pada Sabtu (6/6).

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...