Upacara Virtual HUT RI ke-75 Pecahkan Rekor Dunia

Dimas Jarot Bayu
17 Agustus 2020, 17:07
hut ri, pandemi corona, virus corona, upacara virtual hut ri ke-75, pandemi corona
Youtube/Sekretariat Presiden
Upacara peringatan HUT RI ke-75 dihadiri tamu undangan secara fisik dalam jumlah yang sangat terbatas. Sebagian besar tamu undangan mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara daring.

Upacara peringatan hari ulang tahun ke-75 RI  memecahkan rekor dunia lantaran memiliki peserta terbanyak. Penyelenggaraan kemerdekaan secara virtual ini juga merupakan yang pertama dalam sejarah. 

"Ini bukan sekadar rekor Indonesia, tapi rekor dunia, karena belum pernah penyelenggaraan acara kemerdekaan di manapun, di negara lain yang diselenggarakan secara daring," kata Ketua MURI Jaya Suprana melalui konferensi video, Senin (17/8).

Advertisement

Penghargaan itu lantas diberikan perwakilan MURI kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono secara langsung. Heru menyebut rekor dunia ini merupakan kebanggaan untuk seluruh pihak yang ikut menyukseskan upacara peringatan HUT ke-75 RI secara daring.

"Di sini mungkin ada 60 sampai 70 putra dan putri yang kami pilih menjadi host atau MC dalam memandu acara kenaikan bendera maupun penurunan bendera secara daring," kata Heru.

 Sekadar informasi, Sekretariat Presiden mengundang 17.845 orang untuk menyaksikan upacara peringatan HUT ke-75 RI secara daring. Masyarakat dipersilakan mendaftarkan diri untuk bisa menyaksikan acara tersebut melalui sambungan virtual.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement