Pelibatan Masyarakat Jadi Kunci Penyediaan Air Minum Bersih

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
15 November 2020, 23:22
Kementerian Kesehatan - STBM Award
Katadata

Jakarta, 13 November 2020 - Ketersediaan air bersih dan sanitasi yang aman menjadi hal penting untuk upaya percepatan pencapaian target SDGs tahun 2030.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan pencapaian target tersebut mesti dilakukan dengan upaya bersama dan untuk kepentingan masyarakat secara lebih luas. Termasuk, kelompok rentan untuk mendapatkan akses yang setara kepada air minum bersih dan sanitasi aman.

"Target pencapaian akses untuk air minum dan sanitasi ini agar terjangkau bagi semua, maka harus dicapai bersama-sama," ujar Terawan dalam webinar Penghargaan STBM Award dan RAKORNAS STBM ke 4 bertajuk "Air Minum dan Sanitasi Aman Menuju SDGs 2030", Jumat (13/11).

Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa pun menyambut baik pernyataan Menteri Kesehatan itu. Menurutnya, pelibatan berbagai pihak termasuk TNI AD akan bisa memperkuat dan memudahkan dalam upaya pelayanan air bersih dan sanitasi aman.

Dia menjelaskan, pihaknya memiliki program pelayanan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Tak hanya SDM dari pihak TNI itu, infrastuktur sarana dan prasarana yang dimiliki TNI AD pun bisa digunakan.

Setiap tahun program TNI AD itu dilaksanakan tiga kali. Adapun jumlah personil yang terlibat ada 150 titik di Indonesia.

"Kalau program ini digandeng, misalnya dalam jambanisasi atau penyediaan air minum bersih maka akan menghemat cost," ujar dia.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...