Menristek Menduga Terjadi Mutasi Virus Corona di Jawa

Rizky Alika
15 Februari 2021, 15:54
Calon penumpang kereta api mengembuskan nafas ke kantong plastik untuk mendeteksi COVID-19 yang kemudian diolah dengan alat GeNose C19 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021).
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Calon penumpang kereta api mengembuskan nafas ke kantong plastik untuk mendeteksi COVID-19 yang kemudian diolah dengan alat GeNose C19 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021).

Pemerintah terus mengkaji potensi mutasi virus corona di Indonesia. Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro menduga, mutasi virus penyebab Covid-19 mungkin terjadi di Indonesia, terutama di Jawa.

Hingga 14 Februari 2021, data Whole Genome Sequence (WGS) yang telah dikirimkan ke Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) mencapai 416 sequences. Dari jumlah itu, 392 sequences di antaranya merupakan complete WGS.

Secara rinci, tipe genetik Covid-19 (clade) terbesar yang berada di Indonesia ialah clade GH dengan jumlah 231 sequences (59%), clade GR sebanyak 74 sequences (19%), clade L berjumlah 61 sequences (16%), clade O dengan total 20 sequences (5%), dan clade G sejumlah 6 sequences (1%).

"Kalau saya tidak salah, dulu clade O yang mendominasi WGS di Indonesia. Artinya, dalam tanda kutip, mutasi strain virus ini telah terjadi di Indonesia," kata dia dalam sebuah webinar, Senin (15/2).

Berdasarkan wilayah, sebagian besar mutasi virus Covid-19 terjadi di provinsi yang paling infeksius, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Meski begitu, perlu diversifikasi lebih lanjut untuk memastikan mutasi Covid-19 yang terjadi di Tanah Air.

Berikut Databoks penularan Covid-19 di Indonesia: 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...