Arab Saudi Izinkan Umrah Bagi Jemaah yang Telah Vaksinasi Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
6 April 2021, 13:14
arab saudi, umrah, covid-19, vaksin
ANTARA FOTO/REUTERS/Saudi Ministry of Media/Handout /pras/dj
Umat muslim berjalan dekat Kabah di Masjidil Haram saat ibadah Haji, ditengah pandemi virus corona (COVID-19), di Makkah, Arab Saudi, Minggu (26/7/2020). Arab Saudi buka perjalanan umrah bagi mereka yang telah vaksinasi.

Pemerintah Arab Saudi mengizinkan jemaah dari berbagai negara menjalankan umrah mulai 1 Ramadhan mendatang. Namun hal tersebut baru terbatas kepada mereka yang telah menjalankan vaksinasi Covid-19.

Dari keterangan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, syarat ini berlaku kepada mereka yang telah menerima dua dosis vaksin, mereka yang baru menerima satu dosis vaksin minimal 14 hari, serta seseorang yang telah sembuh dari Covid-19.

“Ini sejalan dengan kemampuan untuk menerapkan tindakan pencegahan,” bunyi keterangan resmi Kementerian Haji dan Umrah Saudi seperti dikutip pada Selasa (6/4).

Selain itu setiap orang arus mendaftarkan status vaksinasi Saudi yakni Tawakolna. Aplikasi ini diluncurkan pemerintah Arab Saudi untuk menelusuri kasus posiitif Covid-19.

Arab Saudi sempat menutup perjalanan umrah demi mencegah penularan Covid-19 Maret tahun lalu. Mereka lalu mengizinkan kembali umrah pada 1 November 2020 meski belakangan menangguhkan kedatangan WNA 20 negara lantaran penyebaran corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...