Hidangan Khas Buka Puasa dari 5 Negara Asia

Image title
10 Mei 2021, 16:16
KULINER PALEMBANG TEMPO DULU
ANTARA FOTO/Feny Selly/rwa.

Bulan suci Ramadan menjadi salah satu momen yang ditunggu umat muslim dunia. Berbagai negara biasanya memiliki kuliner khas yang sudah menjadi tradisi dan disajikan kala berbuka puasa.

Negara di kawasan Asia pun memiliki varian menu yang beragam. Namun umumnya, masakan setiap negara Asia memiliki cita rasa rempah yang cukup kuat.  Negara mana saja yang terkenal dengan hidangan berbuka puasanya? Berikut ini ulasannya.

1. India

India memiliki populasi muslim sekitar 14 persen dari total jumlah penduduknya. Haleem menjadi hidangan khas yang biasa dinikmati masyarakat muslim di India. Hidangan ini merupakan bubur dengan potongan daging, gandum, kacang kacangan dan barley. Dagingnya sendiri ada yang menggunakan daging domba, sapi atau ayam. Haleem biasa dihidangkan dengan taburan daun minth, daun ketumbar, irisan jahe dan cabe hijau tipis tipis, jeruk nipis. Masakan ini bisa disantap langsung atau disajikan bersama dengan nasi dan roti Naan.

2. Maldives

Negara yang terkenal dengan keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya ini, juga memiliki menu favorit untuk berbuka puasa. Kurma  menjadi menu favorit tersebut. Namun, kurma di Maldives tidak dimakan begitu saja, melainkan diolah dengan cara diblender hingga menjadi jus yang sangat menyegarkan. Jus kurma menjadi hidangan yang paling dicari umat muslim di sana ketika berbuka puasa. Masjid di Maldives juga banyak yang menyajikan kurma sebagai hidangan pembuka puasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...