Revitalisasi Kota Tua Jakarta, Rencana Mempercantik Ratu dari Timur

Sorta Tobing
9 Agustus 2021, 08:00
kota tua, revitalisasi kota tua, jakarta
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Dua petugas keamanan beraktivitas di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Sabtu (13/6).

Revitalisasi kawasan Kota Tua, Jakarta, mulai berlangsung tahun ini. Penandatanganan dokumen perjanjian awal atau head of agreement antara PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board/JXB), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Moda Intergrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) telah berlangsung pada April lalu. 

Ketiga perusahaan sepakat membentuk usaha patungan atau joint venture pengelelolaan kawasan Kota Tua dan Sunda Kelapa. Nantinya, MITJ akan berperan dalam mengelola transportasi terintegrasi ke kawasan tersebut. 

Sebagai informasi, JXB merupakan badan usaha milik daerah atau BUMD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Perusahaan yang bergerak di bidang industri pariwisata & perhotelan, ekonomi kreatif.

Sedangkan ITDC adalah perusahaan pelat merah di bawah Kementerian Badan Usaha MIlik Negara (BUMN). Tugasnya adalahmengembangkan dan mengelola kompleks pariwisata terintegrasi di Indonesia.

Lalu, MITJ merupakan perusahaan patungan antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT KAI (Persero). Pembentukannya sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk untuk mewujudkan transportasi terintegrasi di wilayah Jabodetabek.

Pada kesempatan itu, Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan revitalisasi akan mencakup gedung milik perusahaan negara di kawasan itu. “Tidak hanya gedung tapi juga fasilitas Sunda Kelapa yang ada di bawah Pelindo dapat disinergikan,” katanya pada 28 April lalu. 

Di bulan berikutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baseda mengkaji usulan penggunaan kembali nama Batavia pada kawasan Kota Tua. “Karena kota lama, kota baru, dan kota tua itu banyak sekali. Tapi hanya satu Batavia,” katanya.  

Kota Tua, menurut dia, harus menjadi titik yang unik karena memiliki sejarah yang panjang. “Sehingga orang tahu nama aslinya tempat itu. Mudah-mudahan ketika kajiannya keluar, kita punya branding unik di dunia,” ucap Anies. 

Revitalisasi Kota Tua merupakan kolaborasi antara BUMN, Pemprov DKI Jakarta, dan Pihak Swasta. Targetnya, kolaborasi ini menjadi kawasan pariwisata terintegrasi yang memiliki nilai sejarah dan memunculkan kreativitas baru di masyarakat.

Sejarah Kota Tua

Batavia atau sekarang dikenal sebagai Jakarta, pada jaman keemasannya adalah Eropa kecil di Nusantara. Kota ini dibangun oleh Gubernur Jendral Jan Pieterszoon Coen pada 1619. 

Di sekitarnya terdapat benteng, kanal, dan bangunan bergaya campuran Eropa dan Asia. Pada masa jayanya, Batavia merupakan wujuh dominasi dan kekuasaan kongsi dagang dan megakorporasi Vereenigde Oostindische Compagnie alias VOC. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...