Peringatan KPI: Stasiun TV Setop Glorifikasi Bebasnya Saipul Jamil

Ameidyo Daud Nasution
6 September 2021, 13:19
Saipul jamil, kpi, tv
Antara
Selebritas Saipul Jamil saat keluar dari LP Cipinang, Jakarta, Kamis (2/9). Foto; Antara

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) merespons protes publik terkait bebasnya Saipul Jamil dan kehadirannya di stasiun televisi. Mereka meminta seluruh lembaga penyiaran tak membesar-besarkan bebasnya selebritas yang tersandung kasus pencabulan tersebut.

Saipul yang baru saja menyelesaikan masa tahanannya pada Kamis (2/9) lalu telah hadir di beberapa televisi. Buntutnya, sejumlah figur publik memprotes hal tersebut. Bahkan sutradara Angga Sasongko sampai memberhentikan distribusi film animasi rumah produksinya karena stasiun TV menghadirkan Saipul.

Advertisement

KPI berharap lembaga penyiaran dapat memahami sensitivitas dan etika kepatutan publik terhadap kasus yang dilakukan Saipul. "Dan tidak berupaya membuka dan menumbuhkan trauma korban," kata Ketua KPI Agus Suprio dalam keterangan tertulis, Senin (6/9).

KPI juga meminta muatan terkait penyimpangan seksual, narkoba, prostitusi, dan tindakan melanggar hukum lain yang dialami artis atau publik figur dapat disampaikan berhati-hati. Mereka menginginkan stasiusn TV memberikan edukasi kepada publik agar hal-hal tersebut tak terulang.

"Serta sanksi hukum yang telah dijalani tidak dipersepsikan sebagai risiko biasa," kata Agus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement