Belanja Aman ke Supermarket Saat Pandemi

Hanna Farah Vania
14 September 2021, 19:20
Warga antre mendapatkan nomer antrean untuk belanja kebutuhan pokok di supermarket AEON Mal Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (19/5/2020). Penerapan social distancing dilakukan pengelola mal untuk menghindari penyebaran dan penularan COVID-19.
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Warga antre mendapatkan nomer antrean untuk belanja kebutuhan pokok di supermarket AEON Mal Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (19/5/2020).

Berbelanja kebutuhan sehari-hari merupakan sebuah kebutuhan. Namun, di kala pandemi Covid-19, kegiatan mencari barang di supermarket, misalnya, tidak bisa seperti sediakala. Kita perlu menjalankan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. 

Oleh karena itu, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini ketika memutuskan untuk belanja langsung ke supermarket. Meskipun, berbagai supermarket sudah menerapkan upaya pencegahan dengan memantau suhu dan menyediakan sabun cuci tangan.

1. Siapkan daftar belanjaan dan alat protokol kesehatan

Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, persiapkan daftar belanjaan sebelum berangkat. Persiapkan barang yang dibeli untuk satu hingga dua minggu ke depan. Selama berbelanja, masyarakat juga perlu menaati protokol kesehatan. 

Oleh karena itu, FDA menyarankan untuk menggunakan penutup wajah dan masker. Tak hanya itu, persiapkan hand sanitizer, tisu basah dan tisu kering juga tas belanja yang sudah disemprot disinfektan untuk dibawa.

2. Perhatikan penggunaan sarung tangan

Melansir dari The Conversation, Peneliti Virologi Makanan University of California, Amerika Serikat, Erin DiCaprio mengatakan bahwa penggunaan sarung tangan saat berbelanja tidak direkomendasikan. “Karena justru dapat membantu menyebarkan kuman dan virus,” ucapnya.

Jika akan menggunakan sarung tangan, lebih baik menggunakan sarung tangan sekali pakai dan langsung dibuang setelah berbelanja. Masyarakat juga perlu memperhatikan cara melepas sarung tangan yang tepat, yaitu tidak terkena kulit dan harus segera mencuci tangan setelah melepasnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...