Prediksi Ahli: 55% Penduduk RI Miliki Kekebalan Covid-19 Akhir 2021

Rizky Alika
28 September 2021, 14:17
covid-19, corona, kekebalan
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/hp.
Umat muslim beranjak pulang usai menunaikan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di lapangan Gunung Labu dengan latar belakang Gunung Kerinci, Kayu Aro Barat, Kerinci, Jambi, Kamis (13/5/2021). Meski Pemerintah Desa setempat telah menyampaikan imbauan supaya mengikuti protokol kesehatan, sebagian warga masih terpantau enggan mengenakan masker.

Pemerintah terus menggelar vaksinasi demi mencapai kekebalan penduduk dari Covid-19. Epidemiolog memperkirakan lebih dari separuh penduduk Indonesia akan kebal terhadap virus corona pada akhir 2021.

Ini artinya, sekitar 148 juta jiwa penduduk akan kebal dari Covid-19. Epidemiolog dari Universitas Indonesia Iwan Ariawan mengatakan kekebalan tersebut bisa diperoleh dari vaksinasi maupun dari penularan corona.

"Perkiraan kami ada 55% penduduk Indonesia mempunyai kekebalan atau imunitas Covid-19," kata Iwan dalam webinar yang digelar BNPB, Selasa (28/9).

Namun Iwan mengingatkan masih ada 45% penduduk yang belum mendapatkan kekebalan corona. Bila penularan kembali merebak secara masif, bukan tidak mungkin akan muncul mutasi Covid-19 baru dari luar dan dalam negeri.

Mutasi virus corona yang lebih ganas bisa menular kepada kelompok yang sudah memiliki kekebalan Covid-19. Apalagi varian virus berpotensi lebih kebal terhadap vaksin.

Untuk itu Iwan mengingatkan pentingnya menghindari penularan Covid-19. "Silakan beraktivitas, tapi ikuti aturan yang dibuat supaya bisa aktivitas dengan aman," ujar dia.

Presiden Joko Widodo pun telah mengingatkan masyarakat untuk belajar hidup berdampingan dengan Covid-19. Caranya dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat pelonggaran aktivitas.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...