Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Image title
22 November 2021, 17:26
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz
Seorang mahasiswa jurusan Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Sandika Fadilah mengikuti ujian skripsi secara daring menggunakan aplikasi Zoom di Cibinong, Bogor, Jawa Barat , Kamis (30/4/2020). Universitas Pakuan menerapkan ujian skripsi secara daring untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Kehidupan akademis tentu akan sangat dekat dengan karya tulis ilmiah. Hal itu sebagai bentuk implementasi dari keilmuan yang dipelajari dan menjadi bentuk penyebaran keilmuan agar bisa disampaikan kepada masyarakat dari berbagai lapis sosial.

Salah satu unsur dalam karya ilmiah adalah daftar pustaka. Mengutip situs belajar Akupintar.id, daftar pustaka adalah sebuah susunan tulisan di akhir sebuah karya ilmiah yang isinya berupa nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit. Daftar pustaka ini digunakan sebagai sumber atau rujukan seorang penulis dalam berkarya.

Kehadiran daftar pustaka menjadi sangat penting karena menjadi sebuah petunjuk bahwa suatu tulisan atau karya ilmiah tidak hanya dibuat berdasarkan pemikiran orisinal seorang penulisnya saja, tetapi juga mendapat rujukan yang banyak dari berbagai pemikiran orang-orang lainnya.

Keberadaan daftar pustaka juga digunakan sebagai ucapan terima kasih untuk penyumbang data penelitian yang telah lalu baik dalam bentuk atau jurnal dan media lainnya. Selain itu, daftar pustaka juga dapat membantu pembaca yang ingin mencari tahu lebih dalam soal topik atau permasalahan tertentu dalam sebuah karya ilmiah.

Fungsi Daftar Pustaka dalam Karya Ilmiah

Perlunya daftar pustaka paling utama adalah sebagai penguat landasan dalam tulisan ilmiah. Oleh karenanya di saat menyadur sebuah tulisan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari tuduhan plagiat atau penjiplakan.

Tidak hanya agar terbebas dari potensi tindakan plagiarisme, penulisan daftar pustaka juga bertujuan untuk menghargai penulis yang menjadi sumber acuan dalam penulisan karya ilmiah. Dengan begitu, Anda akan dianggap telah mengakui bahwa ide atau kutipan yang Anda tulis berasal dari pemikiran orang lain.

Para pembaca juga bisa mengulik dan mengetahui lebih dalam sumber kutipan karya ilmiah yang ditulis. Tidak jarang pembaca yang ingin menelusuri informasi lebih lanjut mengenai sumber bacaan dari sebuah karya ilmiah.

Aturan Dasar Penulisan Daftar Pustaka

Ada sejumlah aturan dasar yang harus dicantumkan dalam proses penulisan daftar pustaka, antara lain:

1. Nama

Hal yang paling dasar dari penulisan daftar pustaka adalah nama. Nama belakang atau nama keluarga ditulis terlebih dahulu, diikuti dengan tanda koma (,). Setelah itu, cantumkan nama depan dan tengah penulis buku tersebut. Jika buku tersebut merupakan karya dari dua penulis atau lebih, hanya penulis pertama yang urutan namanya dibalik. Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya, dengan urutan yang sesuai nama aslinya.

2. Tahun Terbit

Penulisan tahun terbit di urutan setelah nama penulis dari buku yang digunakan sebagai daftar pustaka. Jangan sampai lengah dan tidak fokus pada angka tahun cetakan awal sebab bisa saja buku yang dipakai merupakan cetakan kedua, ketiga, ataupun terakhir.

3. Judul Buku

Tuliskan judul bukumu secara lengkap. Jangan lupa, penulisan judul dibuat dengan format italic (miring).

4. Kota dan Nama Penerbit

Bagian terakhir dalam penulisan daftar pustaka sebuah buku adalah mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Dahulukan penulisan nama kota, baru diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:).

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tanda batas dari tiap urutan. Pastikan untuk menggunakan tanda titik (.) sebagai pembatas dari urutan nama, tahun terbit, judul buku, hingga kota dan nama penerbit.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Setelah memahami definisi, tujuan dan aturan dasar dari penulisan daftar pustaka, selanjutnya masuk dalam sesi praktik penulisan yaitu cara menulis daftar pustaka dari jurnal dengan mudah:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...