Jenis Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif Beserta Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
3 Desember 2021, 09:32
Kalimat Aktif
Pixabay/StockSnap

Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan suatu pekerjaan atau tindakan. Imbuhan kata dalam kalimat ini memakai kata kerja berafiks me- dan ber- atau kata kerja tak berafiks.

Subjek di kalimat aktif menjadi pelaku perbuatan yang dinyatakan dengan predikat. Ada dua kelompok kalimat aktif yaitu aktif transitif (berobjek) dan kalimat aktif intransitif (tidak berobjek).

Dalam buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, kalimat aktif dibedakan menjadi tiga jenis yaitu kalimat aktif transitif, kalimat aktif tak transitif, dan kalimat semitransitif.

Jenis Kalimat Aktif

  • Kalimat Aktif Transitif

Mengutip dari skripsi Analisis Kalimat Aktif Dan Pasif Pada Rubrik Opini Dalam Surat Kabar Harian Suara Merdeka, kalimat aktif transitif adalah kalimat yang memiliki subjek (S), predikat (P), dan objek (O).

Perbedaan antara kalimat aktif transitif  dan intransitif terletak pada prefiks atau imbuhan kata. Kalimat aktif transitif memakai imbuhan me- di bagian predikat. Sedangkan kalimat aktif intransitif tidak membutuhkan objek dan bagian predikat memakai imbuhan ber-. 

Contoh Kalimat Aktif Transitif-Memerlukan Objek

  1. Banu (Subjek) membeli (Predikat) sepeda (Objek) di toko (Keterangan Tempat)
  2. Saya (S) mengirimkan (P) surat lamaran (O) di kantor (Ket)
  3. Yusuf (S) membeli (P) baju (O) di toko (Ket)
  4. Ayah (S) membelikan (P) adik (O) mainan baru (Pelengkap.

Dari contoh diatas dapat dilihat jika kalimat aktif transitif menggunakan verba aktif. Verba aktif ditandai dengan imbuhan me- contohnya menulis, membeli, membaca, mencatat, membawa, menjual, memperluas. Verba aktif ini dipakai sebagai predikat sehingga subjek sebagai pelaku, sedangkan objek sebagai sasaran.

Contoh kata menulis, menjelaskan siapa yang menulis dan sasaran siapa (apa yang ditulis). Selain kata berimbuhan me- ada verba yang tidak mempunyai imbuhan me- di bagian predikat. Meski demikian imbuhan tanpa me- ini sifatnya terbatas.

Contoh Kalimat Aktif Transitif Tanpa Me-

  1. Mereka (Subjek) minum teh hangat (predikat)
  2. Kami (Subjek) makan sate (Predikat)
  • Kalimat Aktif Intransitif - Tidak Memerlukan Objek

Kalimat aktif intransitif adalah kalimat yang berbeda dari kalimat aktif transitif. Bagian kalimat ada unsur objek yang tidak diperlukan untuk susunan. Meski objek dihilangkan, kalimat memakai kata keterangan atau kata pelengkap di dalamnya.

Susunan kalimat aktif intransitif yaitu subjek-predikat-keterangan atau pelengkap. Meski tidak ada objek, kalimat ini tidak bisa diubah menjadi kalimat pasif. Contoh kata yaitu menangis, menari, melangkah, dan membisu. Ada tambahan me- untuk pembuatan kalimat.

Contoh Kalimat Aktif Intransitif

  1. Anak kecil itu (subjek) menangis (predikat) semalam (keterangan)
  2. Dinda (subjek) memasak (predikat) dua hari yang lalu (keterangan)

Selain kata berimbuhan me- di bagian predikat, kalimat aktif ini memakai imbuhan kata ber-. Contoh kata yaitu berolahraga, berjalan, bertanya, berenang, dan bermain.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...