14 Nama Kue Tradisional Indonesia Legendaris

Dwi Latifatul Fajri
22 Desember 2021, 14:00
Kue Tradisional
Buku Jajanan Pasar Khas Yogyakarta
Nama Kue Tradisional

Indonesia punya keragaman kuliner salah satunya kue tradisional. Ada berbagai jenis kue tradisional legendaris di Indonesia, seperti kue basah dan kue kering.

Kue tradisional di Indonesia mudah ditemukan di toko kue atau pasar. Pasar tradisional biasanya menjajakan kue dan jajan khas sesuai daerah masing-masing.

Kue tradisional ini bisa berasa gurih, manis, sampai asin. Kue tradisional ini biasanya dimakan untuk kudapan, penutup makanan, dan acara tertentu. Nama kue tradisional yang mudah ditemukan di pasar yaitu kue lapis, kue apem, putu, klepon, nagasari, dan cenil.

Nama Kue Tradisional Indonesia

Sumping Tanah

Sumping Tanah adalah kue yang terbuat dari campuran pisang dan tepung beras. Biasanya, masyarakat Jambi menyantap kue ini untuk berbuka puasa.

Di Jambi, kue basah tradisional ini terbuat dari tepung beras, buah pisang yang sudah dimasak, dan santan.

Supaya adonan mengembang, kue diberi air kunyit untuk pewarna dan gula merah. Kemudian kue dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Kue Sumping Tanah dikukus selama 30 menit kemudian diangkat dan ditaburi parutan kelapa dan garam di atas kue.

Meuseukat dan Dodol Aceh

Meuseukat adalah kue tradisional khas Aceh yang bentuknya seperti dodol. Bahan utama kue ini adalah tepung terigu yang dicampur nanas. Kue Meuseukat disajikan dengan dodol khas Aceh.

Dodol khas Aceh terbuat dari bahan tepung, gula, dan santan. Olahan ini kemudian menjadi adonan yang kental dan padat. Proses pembuatan dodol dibutuhkan waktu cukup lama selama berjam-jam. Dodol perlu diaduk supaya adonan matang merata.

Kedua makanan tersebut biasanya disajikan untuk pesta, khitan, dan acara pernikahan.

Bika Ambon

Kue bika ambon
Kue bika ambon (Resepedia)

Bika Ambon merupakan kue tradisional legendaris khas Sumatera Utara. Kue ini banyak dijual untuk oleh-oleh ketika berkunjung ke Medan. Ciri khas bika ambon punya rongga atau jaring di bagian dalamnya.

Bika ambon termasuk kue basah yang kini memiliki varian rasa coklat, durian, keju, sampai pandan.

Bika Ambon terbuat dari tepung tapioka, telur, gula, dan santan. Waktu yang diperlukan untuk memasak kue ini sekitar 12 jam.

Bika Ambon bisa kenyal sampai 4 hari. Lebih dari 4 hari tekstur kue akan mengeras namun rasanya masih tetap sama.

Lempuk Durian

Lempuk durian merupakan makanan tradisional Riau yang tersebar di Kota Tarempa atau Letung. Kue ini disebut juga dodol buah durian siantan yang dikenal legit dan empuk.

Bahan membuat lempuk durian yaitu gula sebagai pengawet alami, daging durian, dan gula merah. Kemudian bahan tersebut dimasukkan dalam kuali lalu dicampur. Lempuk durian membutuhkan waktu memasak sekitar 3-4 jam sampai adonan mengental.

Kue Tat (Kue Lempong)

Kue Tat merupakan kue kering khas Bengkulu yang disajikan ketika Idul Fitri. Kue ini terbuat bahan utama campuran gula merah, tepung terigu, kelapa parut, dan nanas.

Halaman:
Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...