Menkes Akan Buka-bukaan Data Mal hingga Restoran Pelanggar Prokes

Rizky Alika
24 Januari 2022, 16:44
prokes, menkes, mal, covid-19
Setkab/Agung
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin

Pemerintah terus mendorong kepatuhan protokol kesehatan di tengah peningkatan kasus Covid-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun akan membuka data lokasi usaha yang tidak patuh menerapkan protokol.

Data yang akan dipublikasikan itu mengacu pada aplikasi PeduliLindungi. Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui lokasi, kantor, hingga toko yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

Advertisement

"Sudah diizinkan oleh Bapak Wakil Presiden di rapat terbatas bahwa data PeduliLindungi yang akan mengukur kedisiplinan protokol kesehatan boleh dibuka di publik," kata Budi dalam konferensi pers daring, Senin (24/1).

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk tidak mengunjungi lokasi, mal, hingga restoran yang tidak mematuhi penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

"Jangan masuk situ karena ada risiko penularan. Ini momentum masyarakat untuk disiplin," ujar dia.

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali itu mengatakan, penggunaan PeduliLindungi akan terus ditingkatkan untuk menghadapi Covid-19 varian Omicron.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement