Luhut: Lansia di Atas 60 Tahun & Belum Vaksinasi Corona di Rumah Saja

Desy Setyowati
5 Februari 2022, 17:31
menteri luhut, luhut, virus corona, covid-19, omicron
YouTube Nahdlatul Ulama
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara peringatan Hari Lahir Nahdlatul Ulama

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyarankan warga berusia 60 tahun ke atas tidak bepergian dahulu guna mencegah penularan Covid-19. Imbauan ini utamanya kepada lansia yang belum mendapatkan vaksin corona lengkap dan memiliki penyakit penyerta (komorbid).

"Saya usul (selama) dua minggu sampai sebulan ke depan, untuk orang-orang yang saya sebut tadi, eloknya tinggal di rumah dulu," kata Luhut dalam acara peringatan Hari Lahir Nahdlatul Ulama yang ditayangkan melalui akun YouTube, Sabtu (5/2).

Ia menyampaikan, pemerintah memperoleh data yang menunjukkan bahwa pasien meningal dunia akibat Covid-19 rerata berusia 60 tahun ke atas, belum divaksinasi, dan memiliki komorbid.

Luhut juga mengingatkan pasien bergejala ringan untuk dirawat di rumah. Ini supaya rumah sakit tersedia untuk pasien Covid-19 berusia 60 tahun ke atas.

Selain itu, kasus Covid-19 di Indonesia terus melonjak. Begitu juga dengan pasien yang terpapat virus corona varian Omicron.

Ia menekankan bahwa varian Omicron tidak boleh dianggap enteng. Sebab, virus ini dapat merusak tubuh orang yang terpapar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...