Vandalisme adalah Perusakan Barang, Pahami Sejarah dan Penyebabnya

Image title
10 Februari 2022, 12:05
Perilaku vandalisme mengakibatkan kerusakan properti umum. Vandalisme adalah perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lain.
Pexels/cottonbro
Perilaku vandalisme mengakibatkan kerusakan properti umum

Seringkali pada sebuah properti pada tempat wisata alam atau buatan terlihat coretan, gambar, atau tulisan yang merusak. Ini merupakan suatu bentuk vandalisme.

Vandalisme adalah perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lain (keindahan alam dan sebagainya). Contoh vandalisme adalah corat-coret, grafiti liar, perusakan, penghancuran, dan pencemaran lingkungan.

Advertisement

Menurut Jason Lase dalam Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sekolah Terhadap Vandalisme Siswa (2003), vandalisme merupakan tindakan atau perilaku yang merugikan, merusak berbagai objek lingkungan fisik dan lingkungan buatan, baik milik pribadi (private properties) maupun fasilitas atau milik umum (public amenities).

Perilaku vandalisme adalah bagian dari permasalahan yang tak terpisahkan dalam upaya pelestarian warisan budaya. Sebagaimana dijelaskan dalam buku Metode Konservasi Peninggalan Kepurbakalaan, vandalisme merupakan pengrusakan yang berbahaya karena dapat memusnahkan data-data arkeologi, terutama artefak yang sangat penting dalam penyusunan sejarah.

Sejarah Vandalisme

Kata vandalisme berasal dari bahasa Prancis vandalisme yang pertama kali digunakan oleh Henri Grégoire untuk mendeskripsikan penjarahan dan perusakan seni selama Revolusi Prancis.

Mengutip National Geographic, vandalisme mengacu pada suku Vandal dari Jerman Timur yang menetap di Afrika Utara. Mereka menjarah Roma pada tahun 455. Serangan ke Roma dipicu oleh pembunuhan Kaisar Romawi Valentinian III, yang sebelumnya menjanjikan putrinya, Eudocia, untuk menikah dengan putra dari pemimpin kaum Vandal, Raja Genseric, sebagai bagian dari perjanjian damai.

Dengan kematian Kaisar Romawi Valentinian III, Raja Genseric beserta kaum Vandal menyerbu Roma dan menghancurkan kota tersebut. Mereka menjarah rumah-rumah bangsawan dan mengambil emas, perak dan perabotan. Bahkan, istana kekaisaran dan Kuil Jupiter Optimus Maximus turut dijarah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement