Pengertian Artefak dan Penemuannya di Indonesia

Image title
9 Februari 2022, 09:59
Artefak hewan yang ditemukan di Kawasan Cagar Budaya Muarajambi berbentuk seekor anjing yang terbuat porselen. Artefak ini memiliki ukuran tinggi 5 cm dan panjang 6,2 cm. Berdasarkan ciri yang dimiliki, artefak ini diperkirakan berasal dari Dinasti Song A
kebudayaan.kemdikbud.go.id
Artefak hewan yang ditemukan di Kawasan Cagar Budaya Muarajambi berbentuk seekor anjing yang terbuat porselen. Artefak ini memiliki ukuran tinggi 5 cm dan panjang 6,2 cm. Berdasarkan ciri yang dimiliki, artefak ini diperkirakan berasal dari Dinasti Song Abad 10-13 Masehi.

Mempelajari artefak dapat membantu manusia dalam mengungkap sejarah pada masa lampau. Artefak adalah benda-benda, seperti alat dan perhiasan, yang menunjukkan kecakapan kerja manusia pada zaman dahulu yang ditemukan melalui penggalian arkeologi.

Dalam buku Prasejarah Indonesia (2019) dijelaskan bahwa artefak merupakan bentuk dari kebudayaan fisik yang merupakan hasil dari aktivitas, perbuatan, dan juga karya seni manusia di dalam masyarakat.

Pada umumnya, artefak berupa benda-benda atau sesuatu yang bisa diraba, dilihat, dan juga didokumentasikan. Sedangkan dalam bidang arkeologi, artefak diartikan sebagai benda yang pasti dibuat oleh tangan manusia atau benda yang jelas menampakkan jejak-jejak buatan manusia.

Definisi artefak secara konstitusional tercantum dalam Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2016 tentang Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Dalam peraturan tersebut, artefak adalah bukti material hasil budaya, penelitian dan/atau pengembangan, dan/atau material alam dan lingkungannya yang mempunyai nilai penting bagi sejarah ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, budaya, dan/atau teknologi.

Contoh artefak adalah alat-alat batu, logam, tulang, gerabah, prasasti, dan senjata. Penemuan artefak membantu dalam penelitian tentang tingkat kehidupan masyarakat pada zaman dahulu. Artefak juga dapat memberikan gambaran terhadap suasana alam, status sosial, dan sistem kepercayaan pada suatu masyarakat.

Artefak di Indonesia

Secara umum, kurun waktu sejarah dibagi dua, yaitu zaman prasejarah dan zaman sejarah . Zaman prasejarah adalah zaman sebelum manusia mengenal tulisan. Zaman sejarah adalah zaman ketika manusia telah mengenal tulisan.

Menurut C.J. Thomsen, zaman prasejarah dibagi menjadi tiga, yaitu zaman batu, zaman perunggu, dan zaman besi. Pembagian ini dikenal sebagai sistem tiga zaman (three age system).

Artefak Zaman Batu

Pembagian zaman batu terdiri dari zaman batu tua (paleolitikum), zaman batu tengah (mesolitikum), zaman batu muda (neolitikum) dan zaman batu besar (megalitikum). Bersumber dari Buku Ajar Sejarah Seni Rupa Nusantara, berikut penjelasannya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...