Deforestasi Adalah Penggundulan Hutan, Ini Penjelasan dan Penyebabnya

Image title
15 Februari 2022, 13:59
Foto udara lokasi wisata tracking mangrove di Teluk Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (4/12/2021). Pihak swasta diharapkan makin terlibat dalam agenda pembangunan berkelanjutan. Deforestasi adalah bentuk penggundulan hutan bisa menyebabkan masala
ANTARA OTO/Jojon/aww.
Foto udara lokasi wisata tracking mangrove di Teluk Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (4/12/2021). Pihak swasta diharapkan makin terlibat dalam agenda pembangunan berkelanjutan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar sempat menyinggung aksi deforestasi di Tanah Air. Deforestasi adalah kegiatan mengubah area hutan menjadi lahan tidak berhutan secara permanen, untuk mendukung aktivitas manusia.

Aksi deforestasi sendiri memiliki sisi positif dan negatif, di mana aksi tersebut perlu dilakukan untuk mendukung pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Di sisi lain, jika tidak dilakukan secara tepat, deforestasi bisa berakibat negatif bagi lingkungan. 

Advertisement

Aksi deforestasi sendiri bertentangan dengan Undang-Undang Dasar alias UUD 1945. Ditilik lebih lanjut, upaya deforestasi bakal memberikan dampak buruk untuk hutan dan ekosistemnya. 

Penjelasan Deforestasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa deforestasi adalah bentuk penggundulan hutan yang bisa menyebabkan masalah atau dampak pada lingkungan. Untuk itu, penting untuk memahami penyebab dan solusi tepat dalam mengatasi deforestasi.

Peristiwa deforestasi selalu mengalami peningkatan seiring dengan produksi dan penggunaan lahan di Indonesia. Alhasil, isu penggundulan hutan juga ikut mencuat, terlebih kondisi itu bisa memicu masalah pada lingkungan, khususnya saat dilakukan pembukaan lahan.

Angka penggundulan hutan di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Beberapa hutan yang seharusnya digunakan untuk hutan lindung dan konservasi telah dibabat habis. Alasannya untuk membuka lahan pertanian atau perumahan.

Kegiatan penggundulan hutan yang terus-menerus cukup berbahaya. Apalagi, fungsi hutan yang paling utama adalah sebagai paru-paru dunia. Ketika penyaring udara rusak parah, maka kualitas kehidupan juga ikut menurun dengan sendirinya.

Namun, manusia masih banyak yang tidak mengetahui arti dari deforestasi itu sendiri. Berikut sejumlah pengertian mengenai deforestasi.

Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deforestasi adalah aktivitas penebangan hutan. Jadi, aktivitas apa pun yang dilakukan untuk mengurangi jumlah tanaman pada hutan bisa dinamakan deforestasi.

Selain itu, Menteri Kehutanan juga mendefinisikan mengenai makna deforestasi. Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.30/MENHUT-II/2009 tentang Tata Cara Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (REDD).

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement