7 Daftar Kota Tertua di Indonesia Berdasarkan Sejarah

Dwi Latifatul Fajri
16 Februari 2022, 17:59
Kota Tertua di Indonesia
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Urutan Kota Tertua di Indonesia

Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Tahun 2022, Indonesia akan merayakan ulang tahun kemerdekaan ke 77 tahun. Sebelum negara Indonesia merdeka, ada berbagai kota yang usianya lebih tua dari kemerdekaan. Kota di Indonesia ini sudah ada sejak zaman kemerdekaan, berikut daftar kota tertua di Indonesia.

Kota Tertua di Indonesia

1. Palembang, Sumatera Selatan

Palembang adalah kota tertua di Indonesia yang berusia sekitar 1337 tahun. Mengutip dari palembang.go.id, usia kota berdasarkan prasasti Sriwijaya atau prasasti Kedukan Bukit. Usia prasasti bertanggal 16 Juni 683 masehi. .

Kota Palembang didirikan oleh penguasa kerajaan Sriwijaya. Ketika itu, sebagian kota dikelilingi oleh air. Menurut data statistik tahun 1990, sekitar 52,24% tanah tergenang air.

Asal usul nama kota Pa-lembang berasal dari bahasa Melayu. Kata Pa atau Pe dalam Melayu adalah kata penunjuk untuk tempat atau keadaan. Sedangkan lembang artinya tanah yang rendah, lembah akar yang makin lama membengkak karena terendam air. Jadi, nama Palembang artinya suatu tempat yang digenangi air.

2. Salatiga, Jawa Tengah

Beberapa sumber menemukan asal-usul kota Salatiga berdasarkan prasasti. Di mana, hari jadi kota Salatiga, prasasti Plumpungan dibakukan tanggal 24 Juli tahun 750 Masehi. Ini sekaligus menjadikan Salatiga sebagai salah satu kota tertua di Indonesia.

Prasasti Plumpungan tertulis di batu besar. Ukuran batu sekitar 170 cm dan lebar 160 cm. Mengutip dari Salatiga.go.id, prasasti berada di dukuh Plumpungan, kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.

Adapun i tulisan prasasti adalah ketetapan hukum status tanah suatu daerah yang disebut perdikan. Pemberian perdikan ini dilakukan oleh seorang raja. Perdikan menjelaskan tentang suatu daerah yang dibebaskan dari pajak atau upeti. karena desa tersebut berjasa pada seorang raja.

3. Kediri, Jawa Timur

Kota Kediri berada di urutan ketiga kota tertua di Indonesia. Sejarah berdirinya Kediri berdasarkan prasasti Kwak di dusun Kwak Desa Ngadirejo. Tanggal prasasti 27 Juli 879 Masehi ditetapkan oleh Rakai Kayuwangi sebagai daerah perdikan. Diperkirakan usia kota Kediri ini mencapai 1.142 tahun.

4. Kota Magelang, Jawa Tengah

Kota Magelang juga ditetapkan sebagai perdikan atau daerah istimewa. Penetapan prasasti Mantyasih tertulis tanggal 11 April 907 Masehi, oleh Raja Dyah Balitung. Penetapan prasasti kini menjadi hari jadi kota Magelang, sekaligus penanda bahwa Magelang bagian dari kota tertua di Indonesia.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...