Indonesia Dinobatkan Negara Terindah di Dunia, Kalahkan Selandia Baru

Image title
Oleh Maesaroh
15 Februari 2022, 20:03
Indonesia, pariwista,
Kemenparekraf
Keindahan Gunung Bromo. Keindahan gunung-gunung salah satunya menjadi faktor dinobatkannya Indonesia sebagai negara terindah di dunia.

Situs asal Inggris, Money.co.uk menempatkan Indonesia sebagai negara terindah di dunia. Keelokan alam Indonesia mengalahkan 49 negara lainnya, termasuk Selandia Baru, Jepang, dan Prancis.

Money.co.uk menilai negara terindah berdasarkan spot ataupun fitur cantik yang ditemui di setiap 100.000 kilometer persegi, baik itu berupa gunung berapi, terumbu karang, gletser, garis pantai, maupun hutan.

Data diambil dari berbagai sumber seperti Volcano Table dari Oregon State University, World Ultras Homepage, data terumbu karang dari UNEP World Atlas, hingga GLIMS (Global Land Ice Measurements from Space).

 Berdasarkan penilaian tersebut, berikut tiga besar negara terindah versi Money.co.uk:
1. Indonesia
Skor keindahan alam 7,77 dari 10
Tidak hanya memiliki 17.000 pulau dan garis pantai sepanjang 50.000 Km, Indonesia juga menyimpan 55.000 kilometer persegi terumbu karang dengan kehidupan lautnya.

Keelokan Indonesia tersebar di berbagai daerah, termasuk di Provinsi Bali yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan.

wakatobi
Spot Menyelam Di Secret Garden Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Kemenparekraf)

 Pesona alam Indonesia juga termasuk hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan yang menjadi cagar alam orangutan.
Keelokan alam Indonesia juga tersimpan di Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur. Taman yang menjadi habitat reptil raksasa komodo tersebut ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. 

Namun, Money.co.uk menyayangkan sedikitnya wisatawan yang menikmati keelokan alam Indonesia. Dibandingkan dengan negara lain yang ada di daftar, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia terbilang kecil.

Berdasarkan World Economic Forum Travel & Tourism Competitiveness Index, Indonesia hanya menempati urutan ke-40 dari 140 negara yang disurvei mereka.
Kunjungan turis ke Indonesia hanya berkisar 12,9 juta, bandingkan dengan Spanyol yang mampu menarik wisman sebanyak 81,9 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...