7 Makanan Khas Tuban Ini Layak Jadi Pilihan Oleh-oleh

Image title
22 Maret 2022, 23:32
Ilustrasi Dumbek sebagai Makanan Khas Tuban
iStockphoto.com
Ilustrasi Dumbek sebagai Makanan Khas Tuban

Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang kaya akan khazanah kuliner adalah Tuban. Di antara makanan khas Tuban, Jawa Timur ini pun terbilang cukup melegenda dan unik. Tentu saja hal ini menjadi alasan masyarakat dan para wisatawan untuk menjajal makanan khas Tuban tersebut.

Di antara kuliner khas Tuban yang cukup masyhur dan cukup dikenal adalah belut pedas. Kota Tuban sendiri memang dikenal dengan memiliki cita rasa pedas di setiap masakannya. Namun, selain belut pedas masih ada pula beberapa makanan khas Tuban yang wajib dicoba.

Aneka Makanan Khas Tuban

Berikut adalah beragam makanan khas Tuban yang melegenda yang dihimpun dari Liputan6.com:

1. Dumbek

Pilihan makanan khas Tuban yang tradisional dan cukup melegenda ialah Dumbek. Dumpek sendiri merupakan makanan khas tuban yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Pasalnya, jajanan satu ini terbuat dari tepung beras, gula merah, daun pandan, santan, parutan kelapa serta garam. Biasanya jajanan satu ini cukup mudah ditemui di pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau.

Pilihan makanan khas Tuban yang tidak boleh terlewat ialah kari rajungan. Rajungan sendiri merupakan jenis kepiting kecil dan mudah ditemui di pesisir pantai. Menu kari rajungan sendiri memiliki cita rasa yang guris sekaligus penas.

Proses memasak dari makanan satu ini pun cenderung cukup tradisional dengan menggunakan kayu bakar. Kari rajungan pun sangat cocok untuk disajikan dengan sepiring nasi hangat.

2. Belut Pedas

Aneka sajian belut di Tuban tak pernah habis untuk diolah. Belut pedas sendiri merupakan makanan khas Tuban yang sangat populer di masyarakat.

Sebelumnya, belut yang telah dibersihkan akan digoreng hingga kering kemudian dibumbui pedas. Biasanya, olahan belut pedas satu ini sering disajikan dengan nasi jagung sebagai penambah cita rasa.

3. Garang Asem

Makanan khas Tuban yang tak boleh terlewat berikutnya adalah garang asem. Sajian kuliner ini memiliki cita rasa sedikit asam dan pedas ini sangat menggugah selera, apalagi jika disajikan dengan sepiring nasi hangat. Kamu pun bisa dengan mudah menemui menu makanan satu ini di kota Tuban.

4. Becek Menthok

Kata menthok pada menu makanan khas Tuban ini, memiliki arti daging bebek. Menu kuliner bebek sendiri memiliki banyak penggemar di Tanah Air. Sebagai makanan khas Tuban, daging bebek diolah dengan bumbu dan rempah dan dimasak menjadi becek menthok.

Cara memasak becek menthok sendiri tak terlalu sulit. Sebelumnya setelah dibersihkan, kamu hanya perlu mengungkep menthok dengan bawang putih, kunyit, daun jeruk, ketumbar hingga yang telah dihaluskan hingga empuk. Kemudian tumis bawang merah dan putih, cabai, kunyit, ketumbar, jahe, daun jeruk yang telah dihaluskan, serta lengkuas.

Setelah itu, masukkan menthok yang telah direbus dan tambahkan garam serta santan secukupnya. Masak hingga mendidih dan taburi dengan irisan bawang goreng. Biasanya becek menthok juga disajikan bersama dengan sate menthok.

5. Sate Menthok

Apabila Anda sudah merasa jenuh dengan sajian sate dari daging ayam atau kambing. Anda patut mencoba makanan satu ini. Sate menthok atau itik ini tekstur dagingnya cukup unik. Dagingnya agak sedikit keras, namun kaya akan cita rasa, apalagi jika dicampur dengan bumbu khas yang menggoda.

Campuran cabai merah kering, cabai rawit hijau, bawang merah, dan bawang putih serta perasan air lemon akan membangkitkan nafsu makanmu.

6. Kari Rajungan

Tuban terkenal dengan pesisir pantainya. Rajungan berbentuk seperti kepiting menjadi olahan yang mudah kamu temui. Rajungan di sana dimasak kari dengan bumbu-bumbu khas.

Selain itu, cara memasaknya terbilang masih sangat tradisional, namun mampu menghasilkan rasa khas yang nikmat. Penggunaan kayu bakar masih diterapkan untuk membuat bumbu kari yang meresap dengan sempurna.

7. Gemblong

Gemblong merupakan sebuah jajanan pasar yang tampaknya sudah tidak asing bagi warga Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ternyata, Tuban menjadi daerah yang memiliki produk tersebut sebagai salah satu jajanan tradisionalnya. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang didalamnya diberi larutan gula merah. Komponen inilah yang membuat cita rasanya sangat unik.

Terkadang sebagian orang lebih mengenal gemblong dengan sebutan getas. Meskipun begitu, Anda tak perlu heran karena beberapa makanan di Indonesia memang kerap dikenal dengan nama yang berbeda beda. Bagi Anda yang penasaran, coba saja mencicipinya siapa tau bisa merasakan perbedaan gemblong Tuban dengan daerah yang lain.

Untuk masalah harga Anda tak perlu khawatir karena sangat terjangkau. Sama seperti deretan jajanan pasar yang lain, item ini bisa Anda beli dengan harga mulai dari seribu rupiah. Tentunya biaya tersebut tergantung dengan tempat Anda membelinya. Tidak perlu di pusat oleh-oleh, produk ini dapat ditemukan dengan mudah di penjual jajanan wilayah Tuban.

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...