Contoh Teks Tanggapan Singkat Beserta Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Image title
7 April 2022, 13:25
Ilustrasi buku berisi teks tanggapan. Teks tanggapan berisi penilaian berupa pujian, kritik, saran, atau sanggahan terhadap berbagai isu. Berikut contoh teks tanggapan.
Unsplash/Debby Hudson
Ilustrasi buku berisi teks tanggapan

Teks tanggapan adalah teks yang berisi penilaian berupa pujian, kritik, saran, atau sanggahan. Isu yang diangkat dalam teks tanggapan dapat mencakup lingkungan hidup, sosial, keragaman budaya, peristiwa, fenomena, ucapan, perbuatan, atau tentang suatu karya orang lain. Teks tanggapan tersebut memiliki kaidah kebahasaan dan struktur khusus.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan

Dikutip dari buku Materi Utama Bahasa Indonesia SMP, berikut kaidah kebahasaan teks tanggapan.

  • Menggunakan kata konjungsi penerang, seperti “bahwa”, “yakni”, dan “yaitu”. Kata-kata tersebut digunakan untuk menyertai suatu penjelasan atau meyakinkan pembaca/pendengar.
  • Menggunakan konjungsi sebab-akibat, seperti “karena”, “sebab”, dan “maka”. Konjungsi itu bertujuan untuk menanggapi pernyataan atau penolakan terhadap isu yang dibahas.
  • Menggunakan pernyataan berupa saran atau rekomendasi yang ditandai dengan kata “jangan”, “harus”, atau “hendaknya”.

Struktur Teks Tanggapan

Berdasarkan buku Explore Bahasa Indonesia Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX, ada tiga bagian teks tanggapan. Struktur teks tanggapan terdiri dari konteks, deskripsi, dan penilaian.

  • Konteks merupakan bagian awal teks yang berisi pernyataan umum tentang persoalan yang disampaikan penulis.
  • Deskripsi merupakan bagian yang berisi penjelasan mengenai kronologi kejadian dari suatu peristiwa. Deskripsi juga mengandung argumen berupa dukungan atau penentang disertai alasan.
  • Penilaian merupakan bagian akhir berupa kesimpulan atau pendapat akhir atas penjelasan yang sudah dipaparkan.

Contoh Teks Tanggapan

Berikut contoh teks tanggapan bersumber dari buku Explore Bahasa Indonesia Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX.

1. Contoh Teks Tanggapan Berisi Pujian

Senyum, Salam, dan Sapa

SMP Duta memiliki kegiatan yang cukup menarik dan menyenangkan setiap pagi di pintu gerbang sekolah. Semua guru menyambut kehadiran para siswa dengan penuh keceriaan. Senyum para guru mengembang ketika menyambut mereka, kemudian para siswa pun mengucapkan salam dan mencium tangan para guru sebagai penghormatan. Situasi keceriaan itu sudah berlangsung sejak setahun yang lalu.

Kebiasaan dalam bentuk aktivitas senyum, salam, dan sapa seperti yang berlangsung di SMP Duta merupakan kegiatan yang sangat baik dan memberikan dampak positif bagi para siswa. Selain berakibat datang di sekolah tepat waktu, mereka juga merasakan keceriaan sebelum mengikuti aktivitas pembelajaran di kelas. Situasi ini pun menciptakan suasana yang akrab antara guru dan siswa. Jadi, kegiatan pagi di SMP Duta yang cukup kreatif dan menarik ini layak dicontoh sekolah-sekolah lain.

Dari contoh teks tanggapan berisi pujian tersebut, terdapat beberapa penilaian yang disampaikan oleh penulis, yaitu:

  • Kebiasaan positif dalam bentuk senyum, salam, dan sapa di SMP Duta merupakan kegiatan yang baik dan memberikan dampak positif bagi siswa.
  • Kegiatan senyum, salam, dan sapa membuat siswa datang di sekolah tepat waktu dan merasakan keceriaan sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
  • Kegiatan senyum, salam, dan sapa menciptakan suasana akrab bagi guru dan siswa.
  • Kegiatan senyum, salam, dan sapa layak dicontoh oleh sekolah lain.

2. Contoh Teks Tanggapan Berisi Kritik

SMP Duta Kebanjiran

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...