Pengertian Teks Tanggapan Lengkap dengan Ciri, Struktur, dan Contohnya

Siti Nur Aeni
17 Maret 2022, 19:25
Ilustrasi seseorang sedang menulis teks tanggapan
StockSnap/Pixabay
Ilustrasi seseorang sedang menulis teks tanggapan

Saat belajar Bahasa Indonesia, kita akan mengenal beberapa jenis teks. Salah satunya yaitu teks tanggapan. Apa yang dimaksud teks tanggapan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Tanggapan

Berdasarkan penjelasan di buku “Bahasa Indonesia”, teks tanggapan adalah teks yang isinya pendapat berupa kritik, pujian, atau sanggahan terhadap suatu hal.

Sementara itu dalam “Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks”  oleh Prof. Dra. N. Tatat Hartati, M.Ed., Ph.D., disebutkan bahwa teks tanggapan merupakan teks yang isinya sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya) dan hal yang diterima oleh pancaindra dan bayangan dalam angan-angan.

Secara umum, teks tanggapan berisi sudut pandangan seseorang terhadap hal yang diterimanya. Teks tanggapan bisanya dibuat untuk menanggapi karya sastra, artikel, film, berita, atau fenomena tertentu.

Ciri Ciri Teks Tanggapan

Untuk membedakannya dengan jenis teks lain, berikut ini beberapa ciri dari teks tanggapan yang perlu dipahami:

  1. Berisi tanggapan terhadap fenomena yang ada di lingkungan sekitar disertai fakta dan alasan.
  2. Memiliki kaidah bahasa tersendiri supaya bisa disampaikan dengan jelas, logis, dan sopan.
  3. Memiliki struktur yang menunjang terbentuknya teks tanggapan.

Struktur Teks Tanggapan dan Contohnya

Teks tanggapan merupakan opini pribadi, namun dalam pembuatannya harus tetap memperhatikan struktur dari teks ini. Menurut penjelasan di buku “Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”, berikut tiga struktur teks tanggapan beserta contohnya.

1. Konteks

Konteks yaang dimaksud berupa penyebutan tentang objek yang ditanggapi. Dalam bagian ini mungkin disertai dengan keterangan tempat, waktu, dan keterangan lainnya. Maka dari itu, bagian konteks harus dapat menjawab tiga pertanyaan, sebagai berikut:

  • Apa objek yang ditanggapi?
  • Dimana lokasi kejadinya?
  • Kapan peristiwa tersebut terjadi?

Contoh teks tanggapan pada bagian ini sebagai berikut:

Krisis air sudah terasa oleh masyarakat Cekungan Bandung, seperti ketika memasuki musim kemarau. Warga yang semula dapat memenuhi kebutuhan air bakunya dari sungai, kini sudah tak diharapkan lagi karena kualitas air yang semakin menurun. Mata air pun hanya tinggalkan jejak yang terabadikan dalam toponimi, seperti nama-nama geografi Sekelola, Sekelimus, Sekebirus, dll.

Konteks yang dimaksud pada paragraf di atas bisa dilihat dari penyebutan nama peristiwa yaitu “krisis air”, waktu kejadian yaitu “saat kemarau”, dan tempat terjadinya peristiwa yaitu di “Cekungan Bandung”.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...