Profil Mahendra Siregar, Ketua Dewan Komisioner OJK yang Baru Ditunjuk

Siti Nur Aeni
8 April 2022, 10:12
Ilustrasi, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar yang baru ditetapkan sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK oleh Komisi XI DPR.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar yang baru ditetapkan sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK oleh Komisi XI DPR.

Mahendra Siregar resmi menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk periode 2022-2027. Penetapan Mahendra Siregar sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK disepakati oleh Komisi XI DPR secara musyawarah dan mufakat pada 7 April.

Mahendra menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK menggantikan Wimboh Santoso yang akan habis masa jabatannya. Pengangkatan tersebut, membuat banyak masyarakat yang ingin mengenal sosok Mahendra Siregar. Berikut ini profil Mahendra Siregar lengkap dengan kekayaan yang dimilikinya.

Profil Mahendra Siregar

Mengutip kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, Mahendra Siregar lahir di Jakarta, 17 Oktober 1962. Mahendra merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Setelah lulus, ia berkarir di Departemen Luar Negeri (Deplu).

Selama bertugas di Deplu, ia menjabat sebagai Economic Thrid Secretary Kedutaan Besar Republik Indonesia di London sejak 1992 hingga 1995 dan Duta Informasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington D.C. (1998-2001).

Pada 2001, Mahendra menjadi Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro Jakti. Ia kemudian melanjutkan pendidikan pasca-sarjana (S2) Ekonomi di Universitas Monash, Australia. Mahendra kemudian dipercaya menjadi Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional dari 2005 sampai 2009.

Masih di tahun 2009, Mahendra ditunjuk Presiden SBY menjadi Wakil Menteri Perdagangan, mendampingi Mari Elka Pangestu. Dua tahun kemudian, dia diminta untuk menjabat posisi Wakil Menteri Keuangan pada tahun 2011. Tahun 2013, ia terpilih sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) hingga 2014.

Tidak hanya di bidang pemerintahan, Mahendra juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Indonesia Eximbank. Ia juga pernah menjabat menjadi komisaris di beberapa perusahaan, seperti PT. Dirgantara Indonesia (2003-2008) dan PT Aneka Tambang Tbk (2008-2009).

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...