4 Manfaat Pohon bagi Manusia dan Cara Melestarikannya

Image title
14 April 2022, 18:43
manfaat pohon bagi manusia
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi, warga dari sejumlah komunitas menanam pohon di gunung Klotok, Kelurahan Pojok, Kota Kediri, Jawa Timur.

Pohon merupakan fondasi dasar dalam ekosistem, di mana keberadaannya menopang berbagai sendi kehidupan di Bumi. Tanpa pohon, tidak mungkin ada kehidupan di Bumi.

Berikut aneka manfaat pohon  bagi manusia yang sangat banyak dan berbagai jenis makhluk hidup yang dilansir dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia:

1. Membersihkan Udara

Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS), disebutkan bahwa keberadaan pepohonan di perkotaan mampu menyelamatkan rata-rata satu kehidupan per tahun di tiap kota. Sebab, pohon membersihkan udara dari partikel yang kotor. Pohon juga sering disebut “paru-paru Bumi”, karena oksigen (O2) yang dihasilkan berguna bagi seluruh makhluk hidup.

2. Mengendalikan Suhu dan Kelembaban

Keberadaan pepohonan ternyata dapat mengurangi terciptanya udara panas di perkotaan. Inilah salah satu alasan penting untuk menanam pohon, di mana pun tempat tinggal Anda. Perbedaan suhu antara daerah dengan jumlah pepohonan yang banyak atau sedikit ini terlihat mencolok, antara pedesaan dan perkotaan.

Selain itu, pohon juga berguna untuk menjaga terjadinya bencana. Sebab, daerah dataran tinggi menyimpan sejumlah air yang besar dan akan mengalir menuruni bukit kemudian mengalir di sepanjang sungai. Jika tidak ada pohon, air itu akan mengalir tanpa hambatan karena tidak ada pohon yang turut menyerap air tersebut.

3. Menjadi Hunian Bagi Para Satwa

Fungsi pohon juga digunakan oleh satwa sebagai tempat tinggal dan makanan mereka. Habitat ini mendukung berbagai kehidupan hewan untuk tetap menjaga populasinya agar tidak terjadi kepunahan.

4. Menciptakan Potensi Lapangan Kerja

Manfaat pohon bagi manusia berikutnya adalah, menciptakan lapangan kerja di sektor kehutanan. Pohon-pohon yang ditanam, bisa dimanfaatkan menjadi barang atau dalam bentuk lain. Tentunya hal tersebut harus diimbangi dengan pemeliharaan dan penanaman kembali pohon yang sudah diambil.

Selain itu, hutan juga menciptakan lapangan kerja dalam wujud wisata alam. Seperti saat ini, di Indonesia sedang viral tempat wisata dengan tema alam dan tentunya menjadi spot-spot foto yang menarik.

Penjelasan Umum Manfaat Pohon bagi Manusia

Secara umum, pohon Oksigen (O2) dan mengurangi Karbondioksida (CO2). Oksigen jelas diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan melakukan fotosintesis, yang menghasilkan gas tersebut, serta glukosa. Saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas CO2.

Gas CO2 ini tergolong gas yang beracun. Jika jumlah CO2 di atmosfer terlalu banyak, maka akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian, setiap satu hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2.

Pohon juga berguna untuk menahan laju air dan erosi. Menurut penelitian, hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah sekitar 60-80%. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah.

Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan.

Selain itu, pohon juga mampu menjaga kesuburan tanah, karena mampu menyaring air hujan sebelum jatuh ke tanah. Ini penting, karena air hujan yang tak berlebihan dalam tanah akan menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur menjadi tergerus.  Ini berakibat menurunnya kesuburan tanah.

Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir-butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah.

Keberadaan pohon juga bermanfaat bagi kesehatan mental manusia. Sebab, dengan banyaknya pohon, lingkungan menjadi nyaman. Ini akan menciptakan suasana yang nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan.

Kondisi nyaman ini dimungkinkan, karena proses evapotrenspirasi pada pohon dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat. Jika kondisi lingkungan nyaman, kesehatan mental penduduk pun akan terjaga.

Cara Melestarikan Pohon

1. Melakukan Reboisasi

Sejak dulu kita telah dikenalkan dengan sistem reboisasi, yang berguna untuk menjaga kelestarian lingkungan. Namun, saat ini ada banyak hutan kehilangan pohon akibat penebangan liar yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, penting untuk mulai menerapkan sistem reboisasi, yaitu menanam kembali hutan-hutan yang telah gundul. Cara ini menjadi solusi terbaik untuk menjaga kelestarian hutan. Jika kelestarian hutan terjaga, maka yang akan menikmati dampak positifnya adalah manusia juga.

2. Melakukan Sistem Tebang Tanam

Sistem ini merupakan cara yang cukup mudah agar kebutuhan manusia akan kayu tetap terpenuhi, yaitu dengan menanam pohon yang baru saat pohon lain ditebang. Dengan demikian kelestarian hutan tetap terjaga dengan baik.

Itulah beberapa manfaat pohon bagi kehidupan dan cara melestarikannya. Menjaga kelestarian lingkungan, termasuk di dalamnya pohon, merupakan salah satu investasi terbaik untuk menjamin masa depan yang cerah.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...