Hiburan Singkat di Kala Penat, Berikut Kumpulan Contoh Teks Anekdot

Image title
9 Mei 2022, 15:18
contoh teks anekdot
ANTARA FOTO/Maulana Surya
Ilustrasi, sejumlah anak didampingi orang tuannya membaca buku dari Perpustakaan Dauzan pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di Solo, Jawa Tengah.

Untuk melepas penat dan stres karena aktivitas sehari-hari, sebagian orang akan mencari hiburan tersendiri. Hiburan ini ada dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah anekdot yang bisa ditemui melalui media sosial atau percakapan sehari-hari.

Apa Itu Anekdot?

Secara sederhana, anekdot adalah kutipan kisah jenaka, baik secara lisan maupun tulisan. Kisah tersebut kerap menyangkut seseorang tertentu.

Pengertian di atas mengacu pada definisi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang mengartikan anekdot sebagai cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, yang biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian sebenarnya.

Bukan cuma lucu, anekdot juga kerap dipakai untuk menyampaikan suatu kritik. Sebab, kriteria anekdot juga bisa menyampaikan maksud dari penulis atau penuturnya.

Mengutip penelitian yang dirangkum dalam buku berjudul “Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan” karya Taufiqur Rahman, teks anekdot diartikan sebagai teks yang sering mengangkat topik terkait politik, lingkungan, sosial, layanan umum, dan kebiasaan banyak orang. Dalam buku tersebut juga disebutkan bahwa teks anekdot adalah teks yang memiliki bentuk dialog singkat dari dua tokoh.

Walaupun memiliki kesan dan sering digambarkan sebagai teks lucu, akan tetapi teks anekdot banyak mengandung pesan moral atau amanat sebuah kebenaran. Teks anekdot adalah rangkuman kisah yang dipercayai banyak orang. Hal inilah yang membuat teks anekdot memiliki tujuan untuk menghibur seseorang sehingga bisa tertawa dan bahagia, walaupun membawa maksud kritikan.

Ciri-ciri Teks Anekdot

Dalam teks anekdot, cerita biasnaya tidak dilampirkan secara detail, melainkan hanya menampilkan bagian yang memiliki dampak jangka pendek. Bukan cuma itu, teks anekdot juga bisa diidentifikasi lewat ciri-ciri sebagai berikut:

  • Disertai kisah lucu atau humor yang mampu menghibur dan membuat orang tertawa.
  • Sebuah teks anekdot memiliki sifat menggelitik, hal ini berarti teks anekdot dapat membuat setiap orang yang membacanya akan merasa terhibur dengan kisah lucu yang terdapat di dalam teks.
  • Memiliki sifat menyindir, sehingga sering digunakan untuk menyentil seseorang maupun sekelompok orang.
  • Sebuah teks anekdot seringkali menyasar kepada orang penting. Hal itu disebabkan tidak adanya aturan yang ketat untuk membuat teks anekdot, hal ini menjadikan teks ini biasa digunakan untuk membahas orang-orang penting.
  • Ciri khas teks anekdot adalah fleksibilitas untuk dibentuk sesuai keinginan dari penulis.
  • Dalam sebuah kisah cerita yang disajikan sangat mirip dengan dongeng, orang yang hendak menulis membuat sebuah cerita lain yang sebenarnya berhubungan dengan kehidupan saat ini.

Struktur Teks Anekdot

Dalam sebuah teks anekdot yang baik, terdapat beberapa aturan yang harus ditaati, antara lain:

  • Adanya abstrak.
  • Memiliki orientasi yang jelas dan berisi awal kejadian suatu cerita.
  • Krisis dan penjelas utama masalah dari teks.
  • Reaksi sebagai pelengkap suatu cerita.
  • Koda yang disampaikan dan menjadi penutup dari penulis cerita anekdot.

Contoh Teks Anekdot

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa contoh teks anekdot.

1. "Lupa Ingatan"

Di suatu siang, ada dua bocah yang sedang bercanda di bawah pohon rindang.

Rafi: “Agung, kita main tebak-tebakan, yuk! Kursi apa yang membuat orang lupa ingatan?”

Agung: “Kursi goyang! Orang yang duduk di atas kursi goyang akan mengantuk dan tertidur. Saat tidur, orang kan lupa.”

Rafi: “Lucu sih, tapi jawabanmu salah.”

Agung: “Hmm… kursi apa, ya?”

Rafi: “Jawabannya adalah kursi DPR!”

Agung: “Lho, kok begitu?”

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...