Aneka Manfaat Daun Sirih untuk Wajah Semakin Cerah Alami

Image title
11 Mei 2022, 00:47
Ilustrasi seorang wanita menerapkan manfaat daun sirih untuk wajah agar semakin bersinar tanpa efek samping dan alami.
Kevin Laminto/Unsplash
Ilustrasi seorang wanita menerapkan manfaat daun sirih untuk wajah agar semakin bersinar tanpa efek samping dan alami.

Siapa yang tidak mengenal daun sirih? Salah satu rempah Nusantara yang memiliki sejuta manfaat. Berikut penjelasan mengenai manfaat daun sirih untuk wajah, beserta sejarahnya.

Daun Sirih dan Tradisi Rempah di Indonesia

Sebagai wilayah yang dikarunia dua musim, Indonesia ditumbuhi berbagai tanaman berkhasiat yang mampu mengatasi beragam penyakit secara alami. Salah satunya adalah sirih, tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman ini cukup akrab di kalangan masyarakat Indonesia karena kerap dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement

Pemanfaatan daun sirih juga masuk dalam bagian budaya Tanah Air, salah satunya aktivitas mengunyah sirih yang kerap dilakukan masyarakat jaman dulu. Mengunyah sirih dilakukan sebagian masyarakat Indonesia, dengan mencampurkan tanaman herbal lain, seperti gambir, pinang, tembakau dan kapur.

Namun, mengunyah sirih juga dikaitkan dengan risiko penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Pengapuran pada mulut dapat membuat pengerutan gusi (periodentitis) yang menyebabkan gigi tanggal, walaupun daun sirihnya mengandung antiseptik yang dapat mencegah gigi berlubang.

Beberapa wilayah di Indonesia menjunjung tinggi aktivitas sirih, bahkan di Kepulauan Riau dilakukan upacara makan sirih, khususnya saat upacara penyambutan tamu. Selain itu, sirih juga kerap digunakan sebagai obat untuk beragam jenis penyakit. Di sisi lain tanaman sirih juga bisa menjadi tanaman hias.

Lekat hubungannya dengan budaya masyarakat Indonesia, manfaat daun sirih untuk wajah juga digemari masyarakat. Tanaman ini dipercaya mampu mengobati jerawat, menyembuhkan luka, dan mengatasi rasa gatal. Cara menggunakan daun sirih untuk wajah adalah dengan melakukan tes pada kulit terlebih dahulu agar terhindar dari risiko efek sampingnya.

Aneka Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

Setelah mengenal daun sirih yang juga menjadi bagian dari budaya kehidupan masyarakat Indonesia. Kini manfaat daun sirih untuk wajah bisa dioptimalkan untuk keseharian. Karena daun sirih terbukti memiliki beberapa kandungan aktif yang melimpah. Namun, yang kandungannya paling banyak adalah saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri.

Berikut manfaat daun sirih untuk wajah yang dikutip dari SehatQ.com:

1.    Mengobati Alergi dan Gatal Kulit

Luka atau ruam gatal yang disebabkan alergi pada wajah dapat diobati dengan daun sirih. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih untuk wajah dapat dengan cara menghancurkan beberapa lembar daun sirih dan ambil ekstrak jusnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement