3 Cara Mengolah Daun Afrika Menjadi Obat Alternatif

Mengolah daun Afrika untuk menjadi obat alternatif dapat dibuat dengan mudah di rumah, mulai dari ekstrak, hingga menjadi teh.
Image title
13 Oktober 2021, 23:45
Ilustrasi Daun Afrika
Shutterstock
Ilustrasi Daun Afrika

Daun Afrika atau yang memiliki nama latin Vernonia Amygdalina ternyata kaya manfaat, khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara mengolahnya pun tergolong mudah, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaatnya cukup dari rumah. Berikut cara-cara mengolah Daun Afrika yang dihimpun dari Paragram.id:

1. Mengunyah Langsung

Untuk memanfaatkan khasiat daun Afrika yang paling mudah dengan mengunyahnya. Tapi sebelum dikunyah, Anda harus membersihkan daun ini terlebih dahulu, kemudian kunyah daun Afrika ini, lalu telan airnya, dan buang ampasnya. Pada tahapan ini, Anda tidak perlu repot-repot mengolah daun ini.

 2. Mengekstrak Daun Afrika

Untuk memperoleh ekstrak daun Afrika bisa dimulai dengan mengeringkan daunya, kemudian tumbuk. Cara mengonsumsinya cukup dengan menyeduh sesendok teh daun Afrika kering dengan air panas.

3. Dikeringkan dan Diseduh Seperti Teh

Proses ketiga ini mirip dengan ekstraksi, namun tahapan ini lebih mudah dilakukan. Caranya, kumpulkan lima lembar daun Afrika pada sebuah poci, lalu seduh dengan air panas.

Komposisi Nutrisi Daun Afrika

Dilansir dari jurnal ilmiah, Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menyimpulkan bahwa tanaman daun Afrika banyak mengandung nutrisi dan senyawa kimia. Adapun komposisinya seperti, protein 19,2%, serat 19,2%, karbohidrat 68,4%, lemak 4,7%, asam askorbat 166,5 mg/100 g, karotenoid 30 mg/100 g, kalsium 0,97 g/ 100 g, besi 7,5 mg/100 g, fosfor, kalium, sulfur, natrium, mangan, tembaga, zinc, magnesium dan selenium.

Kandungan senyawa kimia yang tersimpan dalam daun Afrika antara lain, saponin (vernoniosida dan steroid saponin), seskuiterpen lakton (vernolida, vernoladol, vernolepin, vernodalin dan vernomygdin), flavonoid, coumarin, asam fenolat, lignan, xanton, terpen, peptida dan luteolin). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa daun Afrika mengandung flavonoid, glikosida, saponin, tannin, dan triterpenoid/steroid.

Beragam Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Bila dilihat kandungan nutrisi hingga zat pada daun Afrika, akan diperoleh fungsi antioksidan. Dilansir dari Alodokter, zat-zat tersebut sangat berguna bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengurangi Kadar Gula Darah

Ada banyak riset yang memberikan gambaran mengenai manfaat daun Afrika terhadap proses penurunan gula darah dan menjaganya tetap stabil. Tanaman herbal ini juga dapat memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin dan menjaga efektivitas kinerja hormon tersebut. Efek tersebut menjadikan daun Afrika baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan penyakit diabetes tipe dua.

 2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Dalam salah satu riset di laboratorium menunjukkan, ekstrak daun Afrika dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan sel kanker, contohnya kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker darah.

Selain itu, kandungan daun Afrika juga disebut dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi dalam pengobatan kanker. Meski demikian, manfaat daun Afrika juga masih perlu diteliti lebih lanjut.

Meski daun ini penuh manfaat, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter lebih dahulu sebelum menggunakan produk herbal satu ini, Selain itu,juga bisa menjadi bagian dari menjalani pengobatan kemoterapi.

3. Memberantas Bakteri Penyebab Penyakit

Salah satu kandungan zat kimia pada daun ini adalah sifat antibakteri. Ekstrak daun Afrika bahkan dapat membunuh dan mencegah pertumbuhan berbagai jenis kuman yang kerap menyebabkan infeksi, seperti staphylococcus aureus, pseudomonas, dan escherichia coli.

Walaupun demikian, efektivitas manfaat daun Afrika masih perlu diteliti lebih lanjut, terlebih jika digunakan sebagai pengobatan infeksi.

4. Solusi Pengobatan Penyakit Malaria

Sebagai negara tropis, wabah malaria sudah bisa terjadi tahunan. Bila di Afrika, daun ini sudah digunakan sejak lama untuk tabib mengobati malaria. Beberapa studi pun telah menunjukkan bahwa ekstrak daun Afrika memang dapat membasmi parasit plasmodium penyebab malaria.

5. Menjadi Obat Cacingan

Tidak hanya parasit plasmodium, daun Afrika juga diketahui bermanfaat dalam membasmi parasit jenis lain, yaitu cacing. Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak daun Afrika terlihat dapat membasmi telur dan larva cacing yang dapat menyerang saluran cerna, misalnya cacing gelang dan cacing tambang. Anda yang mengalami cacingan, bisa menjadikan daun ini sebagai obat alternatif. Meski demikian, Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter.

6. Menjaga Kesehatan Hati

Salah satu manfaat dari daun Afrika adalah memelihara kesehatan dan fungsi hati. Manfaat ini diperoleh dari kandungan zat antioksidan dan anti radang yang terdapat di dalamnya.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Daun Afrika mengandung antioksidan serta mineral kalium yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut diketahui berperan dalam menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil. Oleh karena itu, daun Afrika disebut baik dikonsumsi untuk mengontrol tekanan darah.

Selain berbagai manfaat di atas, daun Afrika juga dipercaya dapat menjaga kesehatan serta fungsi saraf dan otak. Tak hanya itu, daun Afrika juga baik untuk mencegah anemia dan mengatasi peradangan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait