Erick Thohir Rombak Pelayanan BUMN untuk PMI sebagai Pahlawan Devisa

Image title
Oleh Yanuar
6 Juni 2022, 17:13
Pekerja MIgran Pahlawan Devisa
Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan komitmennya untuk terus membantu Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk bisa mendapatkan kesempatan kerja di luar negeri.

Sejak awal, kata Erick,  ia bersama Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Benny Rhamdani memberikan dorongan dan pendanaan dari BNI.

“Daripada terjebak lintah darat yang Benny bilang mafia, lalu juga ketika pulang mereka sudah terdaftar di data bank sehingga mereka bisa usaha sendiri nanti," ujar Erick saat melepas 285 PMI ke Korea Selatan bersama Kepala BP2MI Benny Rhamdani di Jakarta, Senin (6/6).

Ia mengatakan, hingga saat ini BNI telah membuka rekening khusus senilai Rp 1,1 triliun untuk 181 ribu PMI.

Selain itu, BNI telah menyalurkan Rp 816 miliar kepada 45 ribu kredit usaha rakyat (KUR) PMI sejak 2015. Hal ini membuat BNI berkontribusi atas 95 persen penyaluran KUR nasional PMI.

BUMN melalui PT Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia, kata Erick, juga memberikan kemudahan dan kenyamanan dengan menyediakan PMI Lounge, sebagai jalur cepat keimigrasian khusus bagi para pekerja migran.

Selain itu juga menyediakan penerbangan tambahan khusus untuk memfasilitasi penerbangan PMI ke Korsel.

"Kami pastikan jangan sampai masyarakat kita jadi masyarakat kelas dua. Kita (Indonesia) melayani asing luar biasa, tapi masyarakat sendiri yang namanya pejuang devisa tidak dilayani, ada yang harus diintervensi dan perbaiki," kata Erick.

Oleh karena itu, Erick sejak awal meminta AP II dan Garuda Indonesia memberikan pelayanan maksimal berupa jalur khusus dan juga lounge. Erick menilai hal ini juga menjadi arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Presiden katakan negara harus hadir dan menjaga rakyatnya. Jangan sampai justru kita menjadi negara yang menomorduakan bangsanya sendiri, kita harus memastikan melayani bangsa kita nomor satu," kata Erick.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...