MenkopUKM: UMKM Harus Optimalkan Potensi Pertumbuhan Ekonomi Digital
Akselerasi pembangunan infrastruktur digital oleh pemerintah menjadi fondasi dan sinergi lintas stakeholder (pengambil keputusan) menjadi kunci untuk pertumbuhan transformasi digital UMKM di tanah air.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, potensi pertumbuhan ekonomi digital mencapai Rp 4.531 triliun pada 2030 atau tumbuh 8 kali lipat dibandingkan 2020. Karena itu, kata Teten, hal ini harus dioptimalkan oleh pelaku usaha khususnya UMKM untuk bisa terus tumbuh dan berkembang.
“Tiga tahun berjuang besama menghadapi tantangan pandami kita memahami pentingnya UMKM untuk mengoptimalkan eksosistem digital bukan hanya untuk bertahan namun juga pulih dan semakin kokoh sebagai salah satu pilar utama ekomomi nasional,” kata Teten dalam webinar Hari UMKM Nasional 2022 Yang Lokal yang Juara yang diselenggarakan oleh Tokopedia dan Katadata dalam rangka hari UMKM Nasional, Jumat (9/9/2022).
Teten menambahkan, Presiden Joko Widodo sudah meminta agar 30 juta UMKM masuk ke eksosistem digital pada 2024. Karena itu, Teten menyebut Tokopedia yang mempunyai lebih dari 12 juta merchant UMKM menjadi bagian penting dari transformasi digital UMKM.
Co-Founder & CEO Tokopedia Wiliam Tanuwijaya mengatakan, tren baru global saat ini adalah berkembangnya tren hyperlocal. Tren ini muncul di masa pandemi ketika konsumen menginginkan barang yang mereka pesan bisa sampai lebih cepat dan jika memungkinkan di hari yang sama.
“Karena itu ketimbang menunggu barang dari impor yang sampainya lama maka konsumen lebih memilih penjual yang bisa mengirim barang besok sampai atau dikirim di hari yang sama,” kata William.
Tren ini, kata William, memberikan dampak positif karena dengan mendukung pengusaha lokal maka membuka lapangan kerja dan juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi dometik.
Tokopedia dan Goto, lanjut William, terus berkomitmen mendukung tren-tren global khususnya memastikan penggiat UMKM lokal dapat terus tumbuh dan jadi tuan rumah di negara sendiri.
“Para penggiat UKM khususnya brand-brand masa depan Indonesia dapat dilayani oleh inovasi Tokopedia yaitu menaruh barang mereka di gudang pintar Tokopedia sehingga bisa menawarkan pengalaman hyperlocal dengan lebih konsisten khususnya pengiriman lebih cepat dan harga terjangkau,” kata William.
Selain itu, penggiat UKM kuliner kuliner bisa memanfaatkan Go Food yang juga akan tersambung di aplikasi Tokopedia serta memanfaatkan inovasi dapur bersama untuk mengembangkan bisnis ke daerah lain di Indonesia.
Wiliam menambahkan, dalam setiap krisis ekonomi, pelaku UKM selalu jadi tonggak ekonomi Indonesia yang tangguh. Sejatinya, kata Willliam, penggiat UKM adalah pahlawan ekonomi nasional karena terus menciptakan lapangan kerja baru.