Cacar Monyet Masuk RI, Apa Gejala dan Cara Pengobatannya?

Rizky Alika
22 Agustus 2022, 14:04
cacar monyet
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/WSJ/cf
Tabung reaksi berlabel "Positif virus cacar monyet" terlihat dalam ilustrasi yang diambil Minggu (22/5/2022).

Kementerian Kesehatan mengumumkan kasus pertama cacar monyet di Tanah Air pada Sabtu (20/8). Lalu, seperti apa gejala dan cara pengobatan cacar monyet?

Mengutip dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC AS), gejala cacar monyet salah satunya memiliki ruam di dekat alat kelamin atau anus.

"Ruam tersebut juga bisa muncul di daerah lain, seperti tangan, kaki, dada, wajah, atau mulut," demikian tertulis dalam laman CDC AS, dikutip Senin (22/8).

Pada awalnya, ruam bisa terlihat seperti jerawat atau lecet yang terasa sakit atau gatal. Nantinya, ruam itu akan melalui beberapa tahap, termasuk menjadi keropeng.

Selain itu, gejala cacar monyet dapat berupa demam, panas dingin, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan, sakit otot, sakit punggung, dan sakit kepala.

Kemudian, gejala pernapasan seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, atau batuk. Seseorang dengan cacar monyet bisa mengalami beberapa atau seluruh gejala tersebut.

CDC AS menyebutkan, beberapa orang memiliki gejala seperti flu sebelum ruam. Adapun, beberapa orang mengalami ruam terlebih dahulu, kemudian diikuti gejala lainnya.

"Yang lain hanya mengalami ruam," demikian tertulis.

Cacar monyet biasanya berlangsung selama 2-4 minggu. Adapun, orang dengan gejala seperti flu biasanya akan mengalami ruam 1-4 hari setelah gejala muncul.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...