IDI Minta Pertahankan Protokol Kesehatan untuk Tangkal Cacar Monyet

Intan Nirmala Sari
21 Agustus 2022, 08:58
cacar monyet, kesehatan, idi, dokter
ANTARA FOTO/REUTERS/CDC/Handout /RWA/dj
T. IT IS DISTRIBUTED, EXACTLY AS RECEIVED BY REUTERS, AS A SERVICE TO CLIENTS Bagian jaringan kulit yang diambil dari luka pada kulit kera yang telah terinfeksi virus cacar monyet, dilihat dengan pembesaran 50X di hari keempat perkembangan ruam pada 1968.

Kementerian Kesehatan telah mengonfirmasi kasus cacar monyet (monkeypox) sudah masuk ke Indonesia. Menanggapi kondisi tersebut, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) meminta masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pelonggaran kegiatan.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril mengungkapkan kemunculan pasien Cacar Monyet yang merupakan laki-laki berusia 27 tahun asal DKI Jakarta. Pasien tersebut diketahui melakukan perjalanan dari luar negeri. Pasien menunjukkan ada gejala demam pada 14 Agustus 2022, namun tetap dalam keadaan baik, tidak sakit berat. Kemudian, pada 18 Agustus 2022 pasien melakukan pemeriksaan oleh Dinkes Jakarta.

Advertisement

PB IDI melalui Satgas Monkeypox atau Clades meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik, sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI. Ketua Satgas Monkeypox atau Clades PB IDI, dr Hanny Nilasari, SpKK mengingatkan bahwa meski sudah ada kelonggaran kegiatan di berbagai tempat, masyarakat tetap perlu mempertahankan protokol kesehatan secara ketat, serta lebih aktif menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Bagi yang merasa bergejala, dapat segera berobat menemui dokter terdekat," kata dr Hanny dalam keterangan resmi, Sabtu (20/8).

Sementara itu, Ketua Umum PB IDI, dr M. Adib Khumaidi, SpOT memastikan pihaknya terus berkoordinasi dengan Kemenkes dan Dinas Kesehatan setempat, serta IDI Wilayah dan IDI Cabang mengenai kewaspadaan penyakit ini.

"Kami meminta tim medis dan tenaga kesehatan tetap waspada dan segera melaporkan pada Dinas Kesehatan setempat, apabila ditemukan pasien dengan gejala mirip Cacar Monyet, supaya bisa segera ditangani dan ditindaklanjuti," ujar Adib.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement