Hacker Bjorka Kembali Serang BSSN, Tepis Sindiran Warganet?

Ade Rosman
30 September 2022, 13:03
Hacker Bjorka
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/nym.
Mahasiswa yang tergabung gerakan Tasik Kelabu mengenakan topeng hacker Bjorka saat menggelar aksi teaterikal di Taman Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (21/9/2022) malam.

Peretas Bjorka kembali melakukan aksinya membocorkan data pribadi milik petinggi negara. Yang terbaru, Bjorka mengunggah data milik Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, ke dalam situs breached.to dengan judul ‘National Cyber And Crypto Agency of Indonesia’ pada Kamis (29/9).

Dalam unggahannya itu, hacker Bjorka mengunggah nama, nomor ponsel, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), alamat, tempat/tanggal lahir serta jenis kendaraan yang dpakai Hinsa.

“I heard someone just made quite a bit of money because of me? (Saya mendengar seseorang menghasilkan cukup banyak uang karena saya?),” tulis Bjorka.

 Sebelumnya aktivitas pembocoran data yang dilakukan Bjorka sempat terhenti pada Minggu (18/9) lalu. Tak lama setelahnya anggaran BSSN untuk 2023 naik sekitar Rp 70 miliar, yang memunculkan adanya spekulasi di media sosial lembaga negara tersebut berkaitan dengan Bjorka.

Warganet pun ramai memperbincangkan keberadaan Bjorka. Banyak yang mempertanyakan keberadaan Bjorka. Bahkan ada yang menyebut Bjorka hanyalah settingan saja.

Menanggapi hal tersebut, Pakar keamanan siber Pratama Persadha mengatakan anggapan tersebut sangat berlebihan. Menurutnya, anggaran BSSN sudah berkurang banyak, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai sekitar Rp 1,5 triliun.

“Bukan berarti ini membuat BSSN otomatis bisa mudah dituduh sebagai aktor di belakang Bjorka. Ditambah BSSN tidak punya wewenang kuat sehingga hanya diberi senjata untuk koordinasi dengan kementerian dan lembaga negara,” ujar Pratama saat dihubungi katadata.co.id.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...