Jokowi Pilih Wali Kota Semarang Jadi Kepala LKPP, Apa Alasannya?

Andi M. Arief
10 Oktober 2022, 13:13
Kepala LKPP Hendrar Prihadi. Foto: Youtube Sekretariat Presiden.
Youtube Sekretariat Presiden
Kepala LKPP Hendrar Prihadi. Foto: Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo resmi melantik Hendrar Prihadi menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP. Mantan Wali Kota Semarang tersebut mendapat penugasan untuk memperbanyak produk-produk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM dalam katalog digital atau e-catalog.

Kepala Negara mengatakan Hendrar memiliki pengalaman yang cukup setelah memimpin Semarang selama dua periode. Oleh karena itu, Jokowi menilai ia memiliki kapasitas yang cukup dalam mengelola sebuah organisasi.

"Yang penting sistemnya terus diperbaiki, sehingga ruang-ruang dalam rangka pengadaan barang dan jasa itu betul-betul bisa dikelola dan dikendalikan, kata Jokowi di Istana Merdeka, Senin (10/10).

Jokowi mengatakan pengelolaan sistem pengadaan menjadi penting karena nilainya yang mencapai ratusan triliun. Jokowi menilai angka tersebut dapat mencapai ribuan triliun jika menambah nilai pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah daerah.

Presiden juga menekankan peningkatan partisipasi produk UMKM dalam belanja pemerintah dan perusahaan plat merah. Menurutnya, hal tersebut dapat meningkatkan implementasi gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Hendrar mengatakan akan memfokuskan pengadaan barang pemerintah dengan memfokuskan produk dalam negeri. Oleh karena itu, ia berencana untuk meningkatkan aturan presentasi Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN.

Seperti diketahui, syarat TKDN yang ditetapkan pemerintah saat ini adalah 40%. Presentasi tersebut menjadi syarat suatu produk untuk masuk dalam katalog pemerintah.

"Jadi, TKDN akan ditingkatkan dan UMKM masuk e-katalog," kata Hendrar di Kompleks Istana Merdeka.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...