Banyak Dicari, Ini 6 Prospek Kerja Manajemen Pemasaran

Tifani
Oleh Tifani
12 Oktober 2022, 15:57
prospek kerja manajemen pemasaran
pixabay.com
Ilustrasi, strategi marketing

Manajemen pemasaran menjadi salah satu program studi atau jurusan yang populer. Pasalnya lulusan jurusan ini dibutuhkan hampir semua perusahaan, sehingga prospek kerja manajemen pemasaran cukup luas dan menjanjikan.

Jurusan ini mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan penjualan produk, seperti perencanaan dan pengembangan segmentasi konsumen, analisa pasar, metode periklanan, promosi dan lain sebagainya.

Pada jurusan ini, mahasiswa juga akan belajar membuat strategi pemasaran, memahami dan memecahkan masalah dalam penjualan, mempelajari perilaku konsumen, menetapkan harga serta komunikasi ke konsumen.

Manajemen Pemasaran sebagai ujung tombak sebuah perusahaan karena berhubungan dengan operasional perusahaan. Jurusan ini juga akan mengajarkan bagaimana untuk berbikir kreatif dan inovatif, serta tetap up to date dengan perkembangan tren dan teknologi.

Sama seperti bidang ilmu lainnya, jurusan manajemen pemasaran juga memiliki spesialisasi yang beragam, diantaranya Digital marketing, Public relations, Marketing research and analytics, Database marketing, Marketing management, Content marketing, Search engine marketing (SEM), Social media marketing, bahkan Integrated marketing communications.

Prospek Kerja Manajemen Pemasaran

Jurusan Manajemen Pemasaran memiliki prospek kerja yang sangat luas, sebab hampir semua perusahaan memiliki bagian pemasaran baik itu perusahaan periklanan, teknologi, tambang, industri pariwisata, Fast-moving consumer goods (FMCG) hingga media.

Beberapa prospek karier yang cocok untuk lulusan manajemen pemasaran diantaranya Product Manager, Brand Executive, Marketing Relations Executive, Media Planner, Digital Marketing Manager, dan Account Manager.

Dikutip dari laman gramedia.com, berikut sederet prospek kerja manajemen pemasaran yang menjanjikan.

1. Sales Executive

Prospek kerja manajemen pemasaran yang pertama adalah menjadi sales executive. Pekerjaan ini selalu dibutuhkan di setiap perusahaan karena setiap bisnis atau perusahaan pasti membutuhkan sales executive untuk memasarkan produknya.

Sales executive adalah orang yang bertanggung jawab atas strategi penjualan perusahaan secara keseluruhan. Dalam peran ini, mereka juga dituntut dapat mengembangkan strategi dan melibatkan tim lain di luar sales.

Secara umum, peran ini juga memungkinan setiap pelakunya untuk menjaga hubungan dengan pembeli besar.

2. Social Media Officer

Profesi Social Media Officer bertanggung jawab dalam pemasaran dan interaksi yang terjadi di media sosial, merancang dan melakukan interaksi dengan pelanggan serta calon pelanggan. Caranya dengan memberikan konten-konten yang interaktif, menganalisa, melakukan pengujian, mengoptimalkan strategi, dan memantau dengan tujuan membangun kesadaran merek (Brand Awareness).

Sosial media yang di maintain seorang Social Media Officer diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, YouTube dan Vine.Profesi ini masih berhubungan dengan dunia pemasaran, sehingga lululusan manajemen pemasaran dapat berkarir di bidang ini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...