Akui Gagal Cegah Tragedi Halloween Itaewon, Polisi Korsel Minta Maaf

Ameidyo Daud Nasution
1 November 2022, 15:45
korsel, itaewon, polisi
Antara
Petugas mengevakuasi korban kerumunan di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Sabtu (29/10). Foto: Antara.

Pemerintah serta kepolisian Korea Selatan mengakui kegagalan dalam mencegah tragedi yang terjadi di Itaewon, Seoul. Mereka mengatakan bencana dari kerumunan pesta Halloween pada Sabtu (29/10) itu tidak perlu terjadi.

Pemerintah Korsel juga berjanji akan bekerja keras untuk mencegah tragedi serupa terulang lagi. Adapun, Kepala Kepolisian Korsel Yoon Hee-keun meminta maaf atas tidak responsifnya aparat dalam merespons panggilan gawat darurat korban.

"Kami menilai tanggapan terhadap panggilan dawat darurat tidak memadai," kata Yoon dikutip dari The Guardian, Selasa (1/11).

Menteri Dalam Negeri Korsel, Lee Sang-min juga menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut. Hingga saat ini, sudah ada 156 orang tewas akibat terhimpit saat pesta Halloween di Itaewon yang terkenal sebagai distrik hiburan malam.

Beberapa faktor dianggap menjadi penyebab munculnya tragedi tersebut, salah satunya kurangnya aparat untuk mengendalikan massa. Pada malam tersebut, diperkirakan 100 ribu orang membanjiri Itaewon, sedangkan petugas yang berjaga hanya 137 orang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...