Tragedi Halloween Itaewon, Presiden Jokowi Sampaikan Duka Mendalam

Ira Guslina Sufa
30 Oktober 2022, 18:46
Tragedi Halloween Itaewon
Arief Kamaludin|KATADATA
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa prihatin atas tragedi perayaan Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Pernyataan itu ia sampaikan lewat akun twitter @Jokowi pada Minggu (30/10) sore. 

“Sangat sedih mengetahui tentang peristiwa tragis di Seoul. Belasungkawa terdalam saya kepada mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai,” ujar Jokowi. 

Pada Sabtu (29/10) sekitar pukul 22.00 malam terjadi tragedi akibat kerumunan orang yang tak terkendali di kawasan Itaewon. Ratusan orang mengalami henti jantung setelah ribuan orang memadati jalan sempit untuk merayakan pesta Halloween.

Menurut Jokowi peristiwa yang telah merenggut 153 nyawa itu menjadi perhatian luas bagi masyarakat Indonesia. 

“Indonesia berduka bersama rakyat Korea Selatan dan berharap mereka yang terluka cepat pulih,” ujar Jokowi lagi. 

Peristiwa nahas pada peringatan halloween di Itaewon terjadi setelah orang-orang yang didominasi kelompok muda berbondong ke distrik Itaewon Seoul untuk perayaan Halloween. Pesta ini menjadi yang pertama setelah tiga tahun pembatasan akibat pandemi. 

Berdasarkan laporan pejabat setempat, tidak ada satupun acara terorganisir yang menarik ribuan orang berbondong ke gang sempit di Itaewon. Namun postingan media sosial menunjukkan klub malam dan bar mengiklankan acara dan promosi Halloween. Juga ada acara kolaborasi di beberapa klub terpanas untuk pertunjukan khusus.

Tepat sebelum pukul 10:20 malam kekacauan meletus. Polisi dilaporkan berjuan untuk mengendalikan massa. Pada saat kekacauan meletus, orang-orang berduyun ke satu gang yang sangat sempit dan miring. Gang itu dengan cepat menjadi penuh sesak sehingga tak menyisakan ruang gerak. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...