Memahami Pengertian Kedaulatan dan 5 Teori yang Mengiringinya

Annisa Fianni Sisma
2 November 2022, 14:28
pengertian kedaulatan
PIXABAY
Ilustrasi, demonstrasi.

Kedaulatan adalah kekuasaan dalam pemerintahan. Pengertian kedaulatan dalam Bahasa Inggris adalah sovereignty dan dalam Bahasa Jerman yakni souveranitat. Namun, istilah kedaulatan sejatinya berasal dari bahasa latin superanus yang berarti teratas.

Kedaulatan merupakan konsep kekuasan tertinggi dalam suatu negara. Kedaulatan tersebut mencakup aktivitas maupun kegiatan dalam fungsi kedaulatan. Berkaitan dengan jangkauan kedaulatan, kedaulatan itu dipegang oleh suatu pihak.

Pengertian Kedaulatan

Konsep kedaulatan dalam pemikiran modern dikemukakan pertama kali oleh Jean Bodin dan terus berkembang. Tokoh dalam perkembangannya yakni George Jellinek, Thomas Hobbes, John Locke, dan Jean Jacques Rousseau.

Setiap konsep merupakan reaksi atas kekuasaan yang terlalu besar dan mendominasi. Oleh karena itulah berbagai macam teori kedaulatan pun muncul.

Jimly Asshiddiqie menyampaikan bahwa kedaulatan merupakan kekuasan tertinggi suatu negara atau kesatuan yang tidak terletak di bawah kekuasaan lainnya. Sebuah pemerintahan dianggap berdaulat jika berkuasa dan diakui kekuasaannya.

Menurut Mochtar Kusumaatmadja, kedaulatan sebagai kekuasaan tertinggi memiliki batasan yakni sebagai berikut:

  • Kedaulatan atau kekuasaan tersebut terbatas pada suatu wilayah pemilik kekuasaan.
  • Kedaulatan atau kekuasaan berakhir saat kekuasaan negara lain dimulai.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi negara yang tidak di bawah kekuasaan lain.

Teori Kedaulatan dalam Ilmu Negara

Untuk memahami pengertian kedaulatan dalam berbagai teori kedaulatan dalam ilmu negara, berikut ini rincian penjelasannya melansir dari hukumonline.com.

1. Teori Kedaulatan Tuhan

Kedaulatan berdasarkan teor ini menganggap kekuasaan tertinggi ada di tangan Tuhan. Seluruh kebijakan, perintah, larangan negara haruslah perwujudan dari kehendak Tuhan. Seluruh pihak dalam negara yakni pemerintah dan rakyat harus sesuai dengan kehendak Tuhan.

Teori ini merupakan teori yang paling awal dan tua untuk menjawab suatu masalah terkait keadaan. Banyak penguasa jaman dahulu mengaku sebagai Tuhan atau wakil Tuhan.

Dalam perkembangannya, pemimpin yang berkuasa yakni raja sebagai wakil Tuhan ternyata dapat ditaklukkan oleh raja lainnya yang bukan merupakan wakil Tuhan. Akibatnya, rakyat dan masyarakat secara luas pun memudar kepercayaannya terhadap teori kedaulatan Tuhan.

2. Teori Kedaulatan Raja

Teori kedaulatan raja menyajikan pemahaman bahwa raja merupakan pemegang kekuasaan tertinggi. Teori ini menurut Thomas Hobbes dapat dihubungkan dengan teori pembenaran negara dengan kekuasaan mutlak pada raja.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...