Rumus Cara Mencari Rusuk Kubus, Luas Permukaan dan Volume

Dwi Latifatul Fajri
4 November 2022, 07:45
Cara Mencari Rusuk Kubus
freepik
Ilustrasi kubus

Kubus termasuk bangun ruang sisi datar, dengan jumlah enam sisi kubus yang sejajar. Bangun ruang adalah bagian ruang yang dibatasi oleh titik-titik. Bangun ruang ini ada di seluruh permukaan bangunan. Berbentuk tiga dimensi, bangun ruang memiliki isi dan volume.

Contoh bangun ruang yang memiliki sisi lengkung yaitu bola, tabung, dan kerucut. Sedangkan bangun ruang sisi datar adalah kubus, balik, prisma, dan limas. Perbedaan bangun ruang ini adalah bagian sisi.

Kelompok bangun ruang sisi datar memiliki sisi yang tidak melengkung (datar). Misalnya ketika kamu mengamati gedung dan melihat bagian sisinya. Lihat bagaimana sisi gedung tegak lurus. Hal ini berbeda dengan bola yang memiliki sisi melengkung.

Bagian Bangun Ruang

Mengutip dari buku Belajar Bangun Ruang dengan VBA Microsoft Excel, bangun ruang terdiri dari beberapa bagian. Berikut penjelasan bagian ruang yang dimiliki kubus:

Gambar Kubus
Gambar Kubus (Youtube/Doni Studio)
  • Sisi = Bidang sisi merupakan bangun ruang yang membatasi antar ruang satu dengan yang lain.
  • Titik sudut = Titik sudut adalah hasil pertemuan titik yang menghubungkan dua rusuk atau lebih.
  • Diagonal Sisi = Garis diagonal dari sisi bangun ruang.
  • Bidang Diagonal = bidang datar terbentuk dari diagonal rusuk.
  • Diagonal Ruang = Garis diagonal dari bidang diagonal

Bangun Ruang Kubus

1. Sisi Kubus

Kubus termasuk bangun ruang yang dibatasi oleh sisi. Contoh benda berbentuk kubus yaitu rubik. Permainan teka-teki mekanik ini berbentuk kubus yang bisa diputar sesuai arah. Kubus adalah mainan teka-teki yang ditemukan oleh Erno Rubik, profesor arsitektur Hongaria pada 1974.

Sisi kubus adalah bidang yang membatasi kubus. Sisi kubus ada berapa? Jumlah sisi kubus ada enam, yang berpasangan dan sejajar. Contoh sisi kubus yaitu ABCD dan ADHE.

2. Rusuk Kubus

Rusuk adalah bagian ruas garis perpotongan dari dua sisi kubus. Ada berapa sisi rusuk kubus? Kubus memiliki 12 rusuk yang saling terhubung. Contohnya rusuk AB, BC, CD, AD, EF, GH, EH, AE, BF, CG, dan DH.

3. Diagonal Sisi

Kubus ABCD EFGH memiliki titik sudut. Jika dilihat titik sudut A berhadapan dengan titik sudut C. Begitu juga dengan titik sudut B yang berhadapan dengan titik sudut D. Maka AC dan BD ini adalah diagonal sisi.

4. Titik Sudut

Titik Sudut adalah perpotongan dari tiga buah rusuk yang saling berdekatan. Bangun ruang kubus memiliki 8 buah titik sudut, yaitu A, B, C, D, E, F, G, dan H.

Cara Mencari Rusuk Kubus

Kubus memiliki volume, luas, dan keliling. Sebelum mencari rusuk kubus terlebih dulu menghitung volume, luas, atau keliling kubus. Berikut rumus mencari rusuk kubus, mengutip dari buku Kelaspintar.id.

1. Rumus Luas Permukaan Kubus

Luas permukaan kubus yaitu mengalikan enam sisi kubus

L = 6 x r2

atau

L = 6 x a2

Setelah menemukan luas permukaan kubus kemudian menghitung akar kuadrat. Cara menghitung rusuk kubus ini mencari akar kuadrat dari pembagian luas total permukaan kubus dibagi enam.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...