Mengenal 2 Tokoh Teori Kedaulatan Tuhan, Aurelius dan Thomas Aquinas

Annisa Fianni Sisma
4 November 2022, 18:24
tokoh teori kedaulatan Tuhan
www.britannica.com
Ilustrasi, Thomas Aquinas, salah satu tokoh teori kedaulatan Tuhan.

Kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi pada suatu negara. Kedaulatan menjadi salah satu unsur dalam terbentuknya negara. Salah satu teori kedaulatan adalah teori kedaulatan Tuhan.

Kedaulatan merupakan kekuasaan atau pemerintahan. Dalam ilmu hukum, terdapat lima teori kedaulatan, yang terdiri atas teori kedaulatan Tuhan, teori kedaulatan raja, teori kedaulatan negara, teori kedaulatan rakyat, dan teori kedaulatan hukum.

Berikut ini penjelasan tentang teori kedaulatan Tuhan beserta dua tokoh teori kedaulatan Tuhan.

Teori Kedaulatan Tuhan

Mengutip hukumonline.com, teori kedaulatan Tuhan adalah sebuah pandangan bahwa Tuhan merupakan pemegang kekuasaan tertinggi. Teori ini muncul karena adanya kepercayaan bahwa tanpa Tuhan, tidak ada yang dapat terwujud.

Dalam praktik bernegara, Tuhan hadir sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, tetapi pemerintah harus melaksanakan hal-hal yang merupakan implementasi dari kehendak Tuhan. Jimly Asshiddiqie mengatakan, dalam perkembangannya praktik teori ini banyak yang melegitimasi kehendaknya sebagai kehendak Tuhan meskipun tindakannya sewenang-wenang.

Melansir jurnal berjudul “Mencari Bentuk Kedaulatan dalam UUD Tahun 1945”, teori kedaulatan Tuhan berkembang pada sekitar abad ke-15. Saat itu terdapat dua organisasi kekuasaan yakni organisasi kekuasaan Negara dan organisasi kekuasaan gereja.

Organisasi kekuasaan negara dipimpin oleh Raja, sedangkan organisasi kekuasaan gereja dipimpin oleh Paus. Kedua organisas ini memiliki ideologi yang berbeda tetapi percaya dengan kekuasaan Tuhan. Kedua organisasi ini percaya bahwa apapun yang terjadi adalah kehendak Tuhan.

Namun kemudian timbul pertanyaan siapakah wakil Tuhan di dunia ini. Oleh karena itu, organisasi ini pun saling berdiri dengan ideologi masing-masing dan memandang bahwa pemimpin negaranya adalah wakil Tuhan, baik itu Raja atau Paus. Hal ini pun menjadi fenomena yang membingungkan.

Tokoh Teori Kedaulatan Tuhan

Untuk memahami perkembangan teori kedaulatan Tuhan dari tokohnya, berikut tokoh teori kedaulatan Tuhan selengkapnya.

1. Aurelius Augustinus

Mengutip jurnal berjudul “Pemikiran Augustinus Tentang Pendidikan Agama Kristen”, Augustinus merupakan seorang lelaki yang lahir di Tagaste, Algeria, Afrika Utara pada 13 November 354. Ia memiliki nama lengkap Aurelius Augustinus. Aurelius Augustinus meninggal pada 18 Agustus 430 di Hippo. Saat itu usianya yakni 776 tahun.

Ayahnya adalah Patrisius dan ibunya St. Monika seorang Kristen yang saleh dan tekun. Augustinus menjadi anggota katekumen dan memulai pendidikan di Tagaste. Ia mulai belajar retorika dan filsafat pada 372.

Aurelius Augustinus pernah pindah ke Roma di bawah ajaran St. Ambrosius. Pada 24 April 387, ia dipermandikan oleh Uskup Ambrosius. Ia menjadi seorang pemimpin gereja dan teolog terpelajar.

Ia mengarang empat buku diantaranya yakni De Doctrina Christiana atau ajaran Kristiani, De Magistra atau sang Guru, De Catechizandis Rudibus atau Mengkatekisasi Orang yang belum didik, dan De Civitate Dewi atau Kota Allah.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...