Memahami Manfaat dan Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer

Dwi Latifatul Fajri
9 November 2022, 11:36
fungsi lapisan ozon
Freepik
Ilustrasi, Bumi dilihat dari luar angkasa.

Ozon adalah molekul yang terjadi secara alami. Molekul ozon ini terdiri dari tiga atom oksigen (O3). Sedangkan lapisan ozon adalah konsentrasi tinggi ozon yang ditemukan di stratosfer. Lapisan ozon berada di 15 sampai 30 km diatas permukaan bumi. Ozon juga ditemukan di permukaan tanah (ozon troposfer).

Lapisan ozon ditemukan oleh fisikawan dari Perancis yaitu Charles Fabry dan Henri Buisson tahun 1913. Jika dilihat dari jauh, ozon adalah gas berwarna biru pucat dan baunya menyengat seperti klorin. Konsentrasi lapisan ozon masih kecil dibanding gas-gas lain di stratosfer.

Fungsi lapisan ozon adalah melindungi kehidupan bumi dengan menyerap sinar ultraviolet (UV-B). Paparan radiasi UV-B berbahaya bagi makhluk hidup. Tak hanya manusia radiasi ini juga berbahaya untuk tumbuhan dan hewan.

Lapisan ozon bermanfaat untuk melindungi kehidupan. Tetapi kebiasaan manusia menyebabkan menipisnya lapisan ozon. Berdasarkan World Wild Fund for Nature (WWF), lubang ozon menipis karena zat kimia. Perusakan ditemukan di Antartika tahun 1980-an.

Fungsi Lapisan Ozon

Fungsi lapisan ozon melindungi bumi dari radiasi ultraviolet-B (UV-B). Sinar radiasi ini berasal dari matahari dan membahayakan makhluk hidup. Lapisan ozon menyerap sekitar 90% radiasi sinar ultraviolet (UV) di bumi. Lapisan ini melindungi bumi dari bahaya sinar UV.

Mengutip dari dccee.gov.au, radiasi UV-B berkepanjangan berdampak pada kesehatan. Dampak radiasi UV-B menyebabkan kanker kulit, katarak, kerusakan genetik, mengurangi sistem kekebalan tubuh makhluk hidup. Selain itu berdampak pada produktivitas pertanian dan rantai makanan.

Kerusakan ozon menyebabkan kehidupan perubahan rantai makanan. Tumbuhan tidak dapat hidup dan tumbuh karena radiasi ultraviolet. Begitu juga dengan plankton yang berperan penting di kehidupan laut.

Mengutip dari business-standard.com, ozon terbentuk ketika sinar matahari membagi molekul oksigen. Kemudian molekul tersebut menjadi atom tunggal. Atom bergabung dengan oksigen terdekat hingga membentuk molekul tiga oksigen. Proses pembentukan ozon ini tercipta di atmosfer.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...