Memahami Manfaat dan Fungsi Mesosfer sebagai Pelindung Bumi

Dwi Latifatul Fajri
14 November 2022, 13:51
Fungsi Mesosfer
Freepik
Ilustrasi, panorama langit di malam hari.

Atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelimuti bumi. Setiap lapisan memiliki ketinggian dan fungsi yang berbeda. Dalam atmosfer terdapat gas-gas seperti hidrogen, helium, metana, dan amonia. Atmosfer berperan menahan dan menyimpan panas matahari.

Manfaat atmosfer yaitu menyerap sebagian panas matahari ketika sampai ke permukaan bumi. Sebagian panas tersebut dipantulkan ke luar angkasa. Pantulan panas matahari ini untuk menjaga suhu siang dan malam hari tetap stabil.

Setiap lapisan udara di atmosfer memiliki karakteristik berbeda. Ada 5 lapisan atmosfer yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Kelima lapisan ini memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda untuk makhluk hidup.

Manfaat Lapisan Mesosfer

Lapisan mesosfer adalah lapisan ketiga atmosfer bumi. Kata mesosfer ini diambil dari bahasa Yunani "mesos" yang artinya pertengahan. Mengutip dari ilmugeografi.com, ketinggian atmosfer antara 50 sampai 85 km dari permukaan bumi.

Manfaat lapisan atmosfer yaitu melindungi permukaan bumi dari benda-benda dari luar angkasa. Lapisan ketiga di permukaan bumi ini memiliki suhu tidak stabil. Suhu tidak stabil ini membuat tekanan udara tinggi, sehingga benda luar angkasa akan terbakar sebelum jatuh ke permukaan bumi.

Pada lapisan mesosfer ini dapat kita jumpai beberapa meteor yang jatuh sehingga dari permukaan bumi tampak sebagai bintang yang mempunyai ekor. Dengan kata lain, lapisan mesosfer ini akan melindungi Bumi dari jatuhan meteor serta benda-benda dari luar angkasa lainnya, yang apabila jatuh langsung ke permukaan bumi maka akan sangat membahayakan bumi.

Jika ada benda langit yang akan menabrak bumi, benda tersebut harus menembus lapisan atmosfer Bumi. Di dalam lapisan mesosfer inilah, benda- benda langit yang jatuh tersebut akan dilelehkan atau diuapkan sebagai akibat dari tubrukan yang terjadi antara partikel gas yang terdapat di dalamnya.

Salah satu penanda dari lapisan mesosfer ini adalah terjadinya penurunan suhu atau temperatur sebesar rata- rata 0.4 derajat celcius (0C) tiap kali naik dengan jarak 100 meter. Penurunan suhu ini disebabkan karena lapisan mesosfer memiliki kesetimbangan radioaktif yang bersifat negatif.

Fungsi Mesosfer

Mesosfer merupakan lapisan ketiga dari permukaan bumi. Fungsi mesosfer bermanfaat untuk kehidupan makhluk hidup. Berikut fungsi lapisan mesosfer:

1. Melindungi Bumi dari Benda Luar Angkasa

Fungsi pertama mesosfer yaitu melindungi bumi dari benda langit. Benda langit seperti komet dan meteor sering menghantam permukaan bumi. Mesosfer berfungsi melindungi bumi dari benda langit tersebut.

Ketika mencapai mesosfer benda luar angkasa mengalami pergeseran. Terjadinya pergesekan ini membuat benda langit terbakar sebelum jatuh di permukaan bumi. Tekanan udara tinggi terjadi di mesosfer.

2. Perubahan Suhu

Terjadi perubahan suhu tinggi dan tidak stabil di mesosfer. Suhu yang berubah ini terjadi setiap 100 meter. Suhu dan cuaca ekstrem ini berkisar 10°C sampai jarak tertinggi bersuhu -120°C. Perubahan suhu ini membuat benda di angkasa hangus terbakar. Terdapat lapisan mesopause antara mesosfer dan termosfer. Lapisan yang berbatasan ini sama sekali tidak ada udara.

Ciri-Ciri Lapisan Mesosfer

  • Berada di ketinggian antara 60-80 kilometer
  • Memiliki suhu sekitar -50 0C sampai -70 0C
  • Terdapat suatu lapisan yang dinamakan mesopause. Fungsi lapisan ini melindungi bumi dari hantaman benda-benda langit yang jatuh ke bumi
  • Ketebalan lapisan mesosfer sekitar 45 sampai 75 km
  • Semakin ke atas maka suhu semakin rendah

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...