Contoh Struktur Organisasi Perusahaan serta Fungsi, dan Manfaatnya

Dwi Latifatul Fajri
16 November 2022, 23:47
Contoh Struktur Organisasi Perusahaan
Freepik
Ilustrasi, dokumen perusahaan.

Dalam perusahaan terdapat struktur organisasi melalui jaringan kerja komunikasi. Struktur organisasi ini terdapat jaringan kerja para anggota. Anggota perusahaan menghubungkan individu melalui informasi berdasarkan tingkatan (level) di struktur organisasi.

Mengutip dari Pendidikan Akuntansi, struktur organisasi adalah instrumen para manajer perusahaan untuk koordinasi kegiatan atau operasi. Struktur organisasi ini menentukan tugas yang dibagi berdasarkan wewenang dan tanggung jawab para manajer.

Dalam struktur organisasi terdapat kota-kota dan garis. Kotak ini menggambarkan tanggung jawab (tugas dan wewenang). Sedangkan garis menghubungkan pusat tanggung jawab dan lainnya. Struktur organisasi menggambarkan arus informasi di organisasi.

Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan

1. Pembagian Tim

Mengutip dari ekrut.com, struktur organisasi berfungsi sebagai pembagian tim. Perusahaan dapat membagi karyawan berdasarkan jenis departemen, wilayah, dan proyek. Struktur organisasi ini bermanfaat dalam tugas, tanggung jawab, dan wewenang. Sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

2. Hierarki Jelas

Struktur organisasi perusahaan memiliki hierarki jelas. Artinya perusahaan memiliki susunan yang runtut dari atas ke bawah. Tingkatan ini untuk membedakan tugas dan wewenang manajer sesuai jabatan.

3. Proses Pengambilan Keputusan

Struktur organisasi yang jelas membantu proses pengambilan keputusan. Karyawan membutuhkan pemangku jabatan untuk pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

4. Pertumbuhan Perusahaan

Struktur organisasi berfungsi mengetahui pertumbuhan perusahaan. Cara ini membantu karyawan mengetahui seberapa besar pertumbuhan perusahaan dan peluang ke depan.

Variasi Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan berguna mengetahui posisi jabatan dan hubungan antara posisi tersebut. Struktur organisasi perusahaan, memungkinkan karyawan mengetahui posisi tentang pekerjaan mereka. Selain itu mereka mengetahui tanggung jawab dan posisi bidang lain di perusahaan.

Terdapat variasi struktur organisasi di perusahaan:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...