Cara Membuat Tabel Menabung Harian di Microsoft Word dan Excel

Anggi Mardiana
17 November 2022, 16:18
tabel menabung harian
pixabay.com
Ilustrasi, menabung.

Tabel menabung harian cukup mudah dibuat, baik di kertas HVS, Microsoft Word maupun Microsoft Excel. Dengan membuatnya, Anda bisa lebih semangat untuk menabung. Pembuatan tabel seperti ini banyak digunakan, dan tergolong viral di sosial media sehingga banyak orang yang ikutan tertarik.

Melalui tabel menabung, Anda tidak hanya terdorong dan rapi dalam mengatur keuangan tetapi juga bisa membantu untuk mengingatnya. Dengan begitu, tabel menabung bisa dianggap sebagai alarm visual terkait target tabungan yang ingin dicapai.

Langkah Membuat Tabel Menabung Harian

Untuk melihat efektivitas tabel menabung harian, Anda bisa membuktikan bahwa tabel tersebut fleksibel dan bisa dibawa ke mana pun mengingat fungsinya sebagai penyemangat sekaligus pengingat. Adapun berikut langkah membuatnya:

1. Tentukan Media yang akan Digunakan untuk Membuatnya

Cara membuat tabel menabung harian pertama silahkan tentukan medianya, apakah Anda akan membuat menggunakan buku tulis, di atas kertas HVS, spreadsheet, Microsoft Word atau mengunduh template tabel dari internet. Kemudian rancang tabel sekreatif mungkin agar lebih menarik dan bersemangat. Jika di HVS bisa membuat beberapa kotak secara manual menggunakan spidol.

2. Menentukan Prefensi Menabung

Selanjutnya sesuaikan tabel menabung dengan prefensi menabung yang dibuat. Misalnya Anda ingin menabung Rp 6 juta dalam waktu 6 bulan maka bisa menyisihkan uang Rp 1 juta per bulan. Bisa juga dibuat jadi 24 minggu di mana setiap tabelnya berisi Rp 250.000 .

3. Menempel Tabel, Tulisan dan Foto

Setelah ada tabelnya, Anda bisa menempelkannya di permukaan luar celengan. Bisa juga menambahkan tulisan dan foto agar lebih termotivasi. Tabel tulisan berikut foto bisa dibuat sesuai selera dan kreativitas agar lebih menarik.

Cara Membuat Tabel Menabung Harian dengan Cepat

Cara membuat tabel harian bisa dilakukan dengan cepat, Anda bisa menggunakan beberapa cara yang kami lansir dari bmoney.id:

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...